Dalam menjalankan strategi yang telah ditetapkan jajaran top manajemen, maka departemen SDM akan membuat perkiraan kebutuhan tenaga kerja saat ini maupun yang akan datang. Secara umum kebutuhan ini didasari dari analisa pekerjaan dan rancangan pekerjaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari informasi ini kemudian muncullah informasi mengenai kebutuhan sumber daya atau kebutuhan tenaga kerja saat ini dan juga tahun-tahun mendatang.

Perusahaan yang sudah memiliki sistem informasi yang akurat mungkin memiliki leading indicator. Seperti frase yang digunakan, leading indicator memiliki sinyal-sinyal yang dapat digunakan sebagai acuan untuk bisa membuat perkiraan trend ked epan termasuk trend kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

Kebutuhan tenaga kerja juga dikaitkan dengan kebutuhan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan-pelanggan perusahaan. Ada saat tertentu di mana kebutuhan pelanggan sangat tinggi, ada juga saat di mana pesanan dari pelanggan sedikit dan juga pada saat-saat lainnya pesanan pelanggan tersebut stabil. Berikut ini akan diberikan contoh industri pariwisata, pengelola mal dan perusahaan yang melayani pemerintah.

Industri pariwisata biasanya sibuk saat ada liburan. Industri terkait pariwisata antara lain adalah hotel dan restoran di kawasan wisata. Pelaku industri pariwisata akan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak menjelang liburan dan pada saat liburan. Divisi SDM industri pariwisata ini harus bisa mengantisipasi akan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan pada saat peak season atau saat liburan.

Pengelola mal dan juga toko-toko yang menyewa mal pasti mengetahui bahwa hari biasa mal pasti sepi, sedangkan akhir pekan dan hari libur mal biasanya ramai. Meskipun hari kerja sepi, pengelola mal dan toko-toko harus tetap buka untuk memberikan kesan yang baik bagi pengguna mal. Di sini terlihat bahwa hari kerja cenderung membutuhkan sedikit tenaga kerja, sedangkan pada akhir pekan dan liburan memerlukan tenaga kerja yang lebih banyak. Dengan demikian pengelola mal dan toko-tokonya harus dapat memperkirakan kebutuhan tenaga kerja pada hari kerja yang kurang sibuk dan akhir pekan yang sibuk.

Pemerintah biasanya memiliki evaluasi anggaran di akhir tahun, sehingga pada akhir tahun setiap pegawai pemerintah berusaha menyelesaikan proyek yang diberikan kepada perusahaan lain. Perusahaan lain yang menerima proyek dari pemerintah kemungkinan akan menerima tekanan agar menyelesaikan proyeknya pada akhir tahun, dan ini akan menyebabkan perlunya tambahan tenaga kerja. Di sini perusahaan yang melayani pemerintah harus dapat membuat perkiraan tambahan tenaga kerja menjelang akhir tahun.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membuat perkiraan kebutuhan pekerja
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday