Jika tes kemampuan fisik dan tes kemampuan pendidikan berhubungan dengan apa yang kandidat dapat lakukan, maka identifikasi kepribadian merupakan langkah mengelompokkan kandidat dengan sifat yang melekat padanya.

Secara umum kepribadian dibagi dalam 5 hal berikut ini

  1. Extroversion
    Orang dengan tipe extroversion ini memiliki kemampuan interpersonal yang bagus. Orang tipe ini akan ramah, mudah berteman, tegas, mudah dalam berbincang-bincang dan ekspresif dalam menghargai orang lain.
      
  2. Adjustment
    Orang dengan tipe adjustment ini memiliki emosi yang stabil, tidak mudah tertekan, merasa aman dan selalu bersyukur.
     
  3. Aggreableness
    Tipe orang aggreableness ini sopan, mempercayai orang lain, punya toleransi yang tinggi dan mudah bekerja sama.
     
  4. Conscientiousness
    Orang dengan tipe conscientiousness akan berhati-hati, menyusun dengan rapi, tekun, teliti dan menyukai pencapaian atau bisa dikatakan achievement-oriented 
     
  5. Openness to experience
    Kandidat dengan tipe openness to experience ini memiliki keingintahuan yang tinggi, sensitif dalam hal seni, punya pemikiran yang luas dan easy going.

Secara umum perusahaan senang menerima pekerja yang ulet, teliti dan rapi. Karakter atau kepribadian ini adalah karakter dasar yang memang seharusnya dimiliki oleh setiap pelamar, setiap kandidat dan setiap karyawan. Karyawan atau kandidat yang belum memiliki karakter ini silahkan berlatih untuk tekun dalam menjalankan setiap pekerjaan karena ini akan menentukan promosi atau karir berikutnya.

Bekerja dalam perusahaan merupakan bekerja dalam team. Setiap orang perlu menajamkan kepribadian aggreableness dalam kesopanan, mempercayai pekerjaan rekan kerja dan mudah bekerja sama dengan anggota team lain dalam perusahaan.

Kepribadian adjustment juga perlu dikembangkan setiap karyawan supaya karyawan dapat nyaman dalam menjalankan pekerjaannya. Karyawan harus memiliki semangat belajar dalam menjalankankan pekerjaannya supaya tidak terjebak dana rutinitas yang dapat menjebak ke kebosanan bekerja. Karyawan yang baik akan memiliki semangat memberi lebih karena akan memperkaya perusahaan dan dirinya sendiri. Kemampuan menjaga emosi dan selalu bersyukur merupakan semangat yang baik dalam menjalankan kehidupan di muka bumi ini.

Untuk manajer dan posisi manajemen mau tidak mau harus belajar dan berusaha meningkatkan kemampuan terkait kepribadian extroversion. Posisi supervisor, manajer dan direktur membutuhkan kepribadian yang ramah, mudah berteman, tegas dan ekpresif dalam menghargai orang lain.

Ada area-area yang membutuhkan keterbukaan terhadap pengalaman-pengalaman baru. Pekerjaan disainer membutuhan opennes to experence karena pekerjaan ini membutuhkan imaginasi yang cukup tinggi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Identifikasi kepribadian kandidat
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday