Perusahaan dengan layanan utama jasa telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Kalau kita mengamati sumber daya yang dipakai dalam layanan jasa ini adalah sumber daya manusia. Dengan melihat banyaknya industri jasa ini maka kita akan melihat secara kasat mata bahwa persaingan berada pada sumber daya manusia. Persaingan sumber daya manusia ini menekankan pada persaingan kualitas sumber daya manusia.

Dengan penjelasan di atas, kualitas sumber daya manusia menjadikan bagian penting bagi competitive advantage perusahaan. Dengan perusahaan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka perusahaan dapat memberikan layanan jasa yang baik kepada pelanggan-pelanggannya, dan sangat menentukan kepuasan pelanggan.

Pada industri manufaktur kemampuan perusahaan mendapatkan staf riset produk yang berkualitas akan menentukan produk apa yang akan diluncurkan. Kualitas sumber daya manusia yang baik dalam operasional juga menentukan kualitas produk yang dihasilkan dan juga kuantitas yang bisa dihasilkan dalam suatu kurun waktu tertentu. Staf yang baik dan berkualitas akan memikirkan proses kerja yang efisien yang menghasilkan produk yang lebih baik dengan biaya yang bisa dikurangi.

Dengan demikian peran manajemen SDM (sumber daya manusia) penting dalam mendapatkan kandidat yang berkualitas, menempatkan staf yang berkualitas ke posisi yang tepat dan juga menjaga hubungan yang baik dengan seluruh staf supaya betah dan bekerja dengan produktif bagi perusahaan. Dengan kualitas kerja karyawan yang produktif maka kinerja perusahaan juga diharapkan lebih produktif juga. Tentu  saja semua karyawan dari semua department harus memberikan kinerja yang baik. Semua staf mulai dari bagian riset, produksi, pemasaran, layanan pelanggan, keuangan dan staf bagian SDM harus bekerja sekuat tenaga menghasilkan sinergi demi kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

Beberapa pekerjaan yang dikerjakan departemen SDM atau departemen sumber daya manuasia antara lain

  1. Menganalisa dan merancang pekerjaan
     
  2. Membuat perencanaan sumber daya manusia
      
  3. Melakukan rekruitmen
      
  4. Menyeleksi kandidat
     
  5. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM)
      
  6. Merancang kompensasi
     
  7. Melakukan manajemen kinerja karyawan
     
  8. Menjaga hubungan dengan semua karyawan 

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Praktek manajemen sumber daya manusia
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday