Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi karyawan yang berkualitas tinggi dalam memilih perusahaan adalah kesempatan berkarir pada kandidat-kandidat perusahaan. Perusahaan yang bersaing mendapatkan kandidat-kandidat terbaik perlu memperhatikan hal ini dalam kebijakan dalam proses rekrutmen. 

Dalam mengisi lowongan posisi-posisi manajemen seperti manajer, perusahaan dapat memilih kandidat dari dalam perusahaan atau membuka lowongan ke media publik dan merekrut kandidat dari luar. Tentu perusahaan harus mengetahui pertimbangan-pertimbangan apa yang perlu diketahui dalam memilih kandidat dari dalam yang disebut rekrutment internal ataukah memilih kandidat dari luar yang disebut rekrutmen eksternal.

Kebijakan rekrutmen internal akan menambah motivasi karyawan dalam bekerja karena melihat ada kemungkinan pengembangan karir. Kemungkinan pengembangan karir ini akan membuat karyawan merasa aman bekerja di perusahaan tersebut. Dengan rasa aman ini maka dia memiliki job security.

Untuk menjalankan kebijakan rekrutmen internal ini, perusahaan perlu memiliki database mengenai keahlian dari masing-masing karyawan. Perusahaan perlu memiliki database hard skill dan soft skill dari masing-masing karyawan. Hard skill merupakan keahlian pada bidang masing-masing karyawan, sedangkan soft skill merupakan skill berhubungan dengan internal personal skill. 

Tugas utama manajer adalah memastikan tim yang dipimpinnya dapat menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang merupakan bagian strategi perusahaan. Dengan demikian maka seorang manajer harus dapat memimpin timnya dengan baik, dengan kata lain seorang manajer harus memiliki keahlian memimpin. Keahlian memimpin atau leadership skill ini merupakan soft skill. Dengan demikian seorang manajer harus memiliki soft skill dan jika memungkinkan memiliki hard skill juga.

Berkaitan dengan database skill dari karyawan, karyawan dapat mengupdate sendiri skill nya melalui aplikasi HRIS (Human Resources Information System), dan tentu saja atasannya perlu memberikan tanda mana yang sudah diverifikasi dan mana yang belum. Di sini kita melihat pentingnya aplikasi HRD (Human Resources Department) bagi perusahaan yang sudah dapat melihat pentingnya menjaga aser sumber daya manusia yang produktif.

Salah satu kelemahan dari rekruitmen internal adalah keengganan manajer untuk melepaskan anggota team terbaiknyanya untuk dipromosikan. Di sini manajer akan kehilangan anggota team yang selama ini bekerja dengan baik, sehingga berusaha mempertahankannya. Untuk mengatasi hal ini tentu perlu komunikasi yang baik antara departemen terkait dan juga departemen SDM (sumber daya manusia).

Sedangkan kelebihan rekrutmen dari luar adalah kandidat memiliki peluang melihat perusahaan lebih obyektif, karena tidak memiliki konflik kepentingan dengan situasi perusahaan. Kelebihan lain adalah adanya keanekaragaman karyawan yang dapat menambah keunggulan kompetitif perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Rekrutmen internal vs eksternal
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday