Dengan berkembangnya teknologi informasi terutama internet, maka perusahaan juga dapat melakukan rekrutmen melalui internet. Perusahaan-perusahaan besar yang webnya sudah terkenal dan banyak dikunjungi orang dapat memanfaatkan website perusahannya untuk menyampaikan informasi lowongan kerja. Keuntungan menyampaikan informasi lowongan kerja di website sendiri adalah perusahaan dapat memberikan informasi kepada kandidat mengenai suasana kerja pada perusahaan tersebut. Perusahaan juga dapat mengkomunikasikan mengenai budaya kerja perusahaan, nilai-nilai yang dianut, kesempatan berkarir dan hal-hal positif lainnya. 

Perusahaan yang menyampaikan informasi lowongan kerja pada websitenya sendiri juga dapat melakukan kustomisasi form yang harus diisi oleh pelamar. Dengan kustomisasi ini maka perusahaan dapat mengumpulkan data pelamar dengan lebih struktur yang nanti akan digunakan dalam seleksi calon karyawan.

Pada website perusahaan ini kita juga dapat membuat form survey kepada pelamar mengenai suasana kerja yang diinginkan. Dalam survey ini perusahaan juga dapat bertanya nilai-nilai apa yang dimiliki pelamar untuk disesuaikan dengan nilai-nilai perusahaan. Perusahaan juga dapat bertanya kepada pelamar mengenai fasillitas dan tunjangan yang diharapkan pelamar. Data survey ini kemudian dianalisa oleh departemen SDM untuk mengembangkan kepuasan bekerja bagi karyawan-karyawannya.

Untuk memikat kandidat agar mau bergabung ke perusahaannya, perusahaan-perusahaan besar membuat blog khusus mengenai sumber daya manusia. Dalam blog tersebut perusahaan dapat menggambarkan susana kerja, kebijakan departemen SDM (Sumber Daya Manusia), keuntungan menjadi karyawan, kesempatan berkarir, kesempatan bertamasya dan seterusnya. Perusahaan berharap kandidat-kandidat yang ada di perusahaan lain tertarik dengan situasi kerja di perusahaan tersebut kemudian melamar dan masuk sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Pada blog tersebut juga bisa berikan layanan komunikasi instant atau livechat. Dengan fasilitas livechat ini, kandidat dapat berkomunikasi secara instan dengan departemen SDM (Sumber Daya Manusia). Tentu ini merupakan kesempatan bagi departemen SDM untuk memikat kandidat-kandidat terbaiknya supaya mau mengajukan lamaran ke perusahaannya.

Tentu saja tidak semua perusahaan dapat secara efektif menyampaikan lowongan kerja melalui websitenya. Jika website tersebut jarang dikunjungi orang maka akan sangat tidak efektif menjaring kandidat melalui websitenya sendiri. Perusahaan yang websitenya jarang dikunjungi orang dapat memasang iklan lowongan kerja melalui portal lowongan kerja dan juga media sosial lowongan kerja.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Rekrutmen melalui internet
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday