Di universitas mahasiswa digodong untuk menjadi seorang yang berkeahlian pada bidangnya masing-masing. Dengan demikian maka mahasiswa merupakan kandidat yang sangat berkualitas bagi perusahaan. Perusahaan yang sangat memperhatikan kualitas sumber daya manusianya perlu mempertimbangkan merekrut mahasiswa untuk bekerja bagi perusahaannya. Di sisi lain mahasiswa juga membutuhkan pekerjaan dalam membiayai kehidupan dan nanti membiaya keluarganya.

Dengan adanya saling membutuhkan antara dunia industri dengan dunia kampus ini maka kampus juga menyedikan fasilitas bagi perusahaan untuk melakukan rekuitmen kepada mahasiswanya. Secara praktis, perusahaan dapat mengirimkan lowongan pekerjaan kepada jurusan-jurusan yang sesuai pada berbagai universitas untuk diinformasikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang sudah atau hampir lulus. Pihak kampus dapat mencetak lowongan ini dan kemudian menempelkan pada papan pengumuman yang ada pada kampus tersebut.

Perusahaan kemudian membuat daftar universitas-universitas apa yang dianggap berkualitas dan memiliki reputasi yang baik kemudian perusahaan datang ke kampus untuk mengadakan acara rekrutmen dan langsung melakukan wawancara dengan mahasiswa yang tertarik untuk bergabung. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan kandidat-kandidat terbaik dari universitas tersebut karena dapat langsung melakukan interview kepada mahasiswa yang melamar.

Perusahaan juga dapat memasang job fair yang diadakan oleh suatu instansi tertentu. Mahasiswa yang datang ke job fair biasanya datang dari berbagai universitas, fakultas dan jurusan. Ini tentu saja merupakan suatu pilihan bagi perusahaan dalam merekrut kandidat dari kalangan mahasiswa.

Pilihan lain bagi perusahaan adalah mengadakan program magang bagi mahasiswa. Pada kurikulum pada suatu jurusan dalam universitas biasanya ada program magang yang wajib diambil oleh mahasiswa, di sini perusahaan dapat menawarkan program magang bagi mahasiswa yang membutuhkan. Dalam program magang ini akan terjadi antara perusahaan dengan mahasiswa, jika perusahaan tertarik untuk merekrut mahasiswa maka perusahaan dapat menawarkan pekerjaan kepada mahasiswa, dan jika mahasiswa tertarik dengan tawaran ini maka mahasiswa dan menerima tawaran pekerjaan tersebut dan kemudian menjadi karyawan perusahaan tersebut. Program magang merupakan program yang sangat menguntungkan kedua pihak sesuai dengan kepentingannya masing-masing.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Rekrutmen mahasiswa
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday