Secara umum untuk mengukur kinerja perusahaan kita dengan mudah bertanya berapa untung perusahaan tahun ini, berapa pendapatan perusahaan tahun ini,  berapa pertumbuhan pasar yang diraih perusahaan dan lain sebagainya. Angka-angka yang kita dapatkan ini merupakan Result Indicator sebagai hasil kerja keras semua karyawan. Tetapi dalam Resul Indicator ini tidak ada informasi bagaimana kita bisa mencapai hasil tersebut. Kita hanya mengetahui sebagai hasil saja tanpa bisa mengetahui prosesnya.

Manajemen perusahaan yang baik tidak hanya mengutamakan hasil tetapi juga akan memperhatikan proses bagaimana menghasilkan result yang bagus. Di sini perusahaan akan menulusuri hal-hal yang menentukan keberhasilan perusahaan dan membuat indikator-indikator dalam proses detil yang dapat dijadikan sebagai acuan menuju keberhasilan. Di sinilah Performance Indicator memegang peranan indikator dalam proses pencapaian keberhasilan.

Kalau kita mengamati hubungan antara proses dan hasil maka kita akan melihat proses berjalan dulu kemudian diikuti hasil. Ini memang yang biasa kita kerjakan di dalam dunia ini, mengerjakan pekerjaan dahulu kemudian hasil akan muncul setelah kita selesai mengerjakan pekerjaan kita. Berkaitan dengan pembicaraan kita maka Performance Indicator akan muncul dulu baru diikuti Result Indicator. Dengan demikian kita memahami bahwa Performance Indicator ini merupakan Leading Indicator sedangkan Resul Indicator ini merupakan Lagging Indicator.

Jika dalam Result Indicator kita bisa melihat hasilnya dari asepek finansial, maka dalam Performance Indicator kita melihatnya sebagai tindakan. Tindakan ini antara lain seberapa cepat penanganan pesanan pelanggan mulai diterima oleh bagian penjualan, dikirimkan bagian gudang dan sampai ke pelanggan.

Pemegang saham atau pemilik modal lebih banyak memperhatikan Result Indicator. Pihak manajemen yang mengelola perusahaan harus banyak memperhatikan Performance Indicator supaya pelan dan pasti mencapai Result Indicator yang diharapkan pemegang saham perusahaan. Jika perusahaan merancang dengan baik Performance Indicator, maka pencapaian Performance Indicator yang baik akan menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan strategi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »