Penyaringan calon karyawan merupakan proses dari suatu perusahaan untuk menentukan pelamar mana yang dapat masuk menjadi karyawan dan pelamar mana yang tidak dapat diterima. Perusahaan harus melakukan proses penyeleksian secara hari-hati untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk bekerja bagi perusahaan.

Dengan demikian maka perusahaan harus menentukan standarisasi dalam penyaringan dan penerimaan karyawan. Standari dala proses seleksi karyawan antara lain

  1. Reliable
    Dalam melakukan seleksi karyawan, perusahaan harus menggunakan standar yang dapat diandalkan. Perusahaan harus dapat menilai standar yang reliable tadi dengan akurat sedapat mungkin bebas dari kesalahan.
      
  2. Validity
    Pengertian validitas di sini adalah bahwa standar yang ditetapkan tadi memang merupakan kemampuan yang  diperlukan dalam melakukan pekerjaan secara maksimal.
     
  3. Generalizability
    Standar yang sudah dibuat harus berlaku secara umum dalam proses seleksi ini.
     
  4. Utility
    Dalam penentuan standar proses penyeleksian, pastikan standar tersebut memang menentukan efektifitas perusahaan dalam menjalankan usahanya. Dengan standar utility ini maka standar diarahkan untuk membuat perusahaan bergerak lebih lincah, kuat dalam menghadapi persaingan bisnis dan mendatangkan kesejahteraan untuk pemangku kepentingan perusahaan yang antara lain penguasa, karyawan, masyarakat dan pemerintah.
     
  5. Legality
    Perusahaan juga harus mempertimbangkan mengenai hukum dalam pembuatan standarisasi metode penyaringan. Pastikan standarisasi tidak bersifat diskriminatif tetapi memberi peluang berkembang kepada semua pelamar dari berbagai suku, agama dan golongan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Standar metode seleksi karyawan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday