Membicarakan strategi kita mungkin mengingat strategi dalam perang militer. Dalam menjalankan misi perusahaan, perusahaan  juga berperang atau berkompetisi dengan perusahaan lain dalam merebut pasar. Di sinilah maka strategi perusahaan dibutuhkan dalam menghadapi persaingan pasar.

Seperti telah dibicarakan sebelumnya bahwa perusahaan punya beberapa macam strategi antara lain harga murah, kualitas tinggi, layanan pelanggan yang baik, kecepatan layanan, lokasi yang mudah dijangkau pelanggan, mengandalkan tenaga tetap professional, mengandalkan outsourcing, fokus pada pasar domestik dan banyak juga yang fokus pada pasar global.

Perbedaan strategi manajemen ini memang menghasilkan ceruk pasar yang berbeda-beda. Dengan spesialiasi perusahaan pada setiap pasar, maka masing-masing perusahaan akan melayani dengan baik pada ceruk pasarnya dan mampu berjuang kemudian bertahan dan berkembang pada ceruk pasar ini. Dengan perbedaan strategi ini memungkinkan masing-masing perusahaan dapat hidup dan berkembang sesuai strategi yang ditempuh.

Setiap strategi tentu bukan sekedar wacana. Strategi harus dikembangkan kepada proses detail dalam pelaksanaan strategi supaya perusahaan mencapai gol yang telah dicanangkan. Secara spesifik strategi harus menjelaskan bagaimana menakut-nakuti pesaing, bagaimana membuat perusahaan kita lebih kuat daripada pesaing, bagaimana kita menanggapi aturan pemerintah, bagaimana cara kita menekan biaya, bagaimana cara meningkatkan kualitas produk, berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, ketrampilan dan skill apa yang harus dipunyai oleh setiap tenaga kerja dan seterusnya.

Dalam menyusun strategi kita harus membuat analisa keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan, kemudian diikuti menentukan gol dari perusahaan,  dan menyusun rencana alokasi asset dan sumber daya manusia untuk mencapai gol perusahaan. Di sini strategi pengembangan sumber daya manusia adalah menyiapkan sumber daya manusia untuk menjalankan strategi perusahaan. Sebagai contoh jika perusahaan menerapkan total quality management, maka strategi SDM adalah menerapkan prinsip total quality management ke seluruh jajaran sumber daya manusia.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Strategi manajemen SDM
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday