Dalam menjalankan training atau pelatihan kepada karyawan kita dapat menggunakan teknik simulasi. Simulasi merupakan metode pelatihan yang menggambarkan keadaan nyata dan diharapkan peserta training mendapatkan hasil yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Dalam simulasi ini peserta akan belajar bagaimana menjalankan suatu tugas, mengerti dampak dari tugas yang dikerjakan dalam  situasi yang aman. Dalam simulasi ini selain dijelaskan mengenai teknik mengenai tugas yang dilakukan juga diajarkan interpersonal skill di mana anggota team lain juga terlibat.

Metode simulasi yang sederhana adalah menggunakan aplikasi komputer. Dalam aplikasi komputer tersebut ada penyajian-penyajian interaktif di mana peserta training dapat mencoba-coba berbagai situasi yang mungkin terjadi. Penyajian interaktif yang biasa dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Alternatif penggunakan simulasi adalah menggunakan impress.js (https://github.com/impress/impress.js) dan untuk yang berbasis cloud adalah Prezi (https://prezi.com/) .

Training yang lebih canggih menggunakan virtual reality. Virtual reality menggunakan peralatan yang lebih canggih di mana melalui peralatan tersebut peserta training dapat melihat dan merasakan training dalam simulasi tersebut.

Training yang lebih nyata adalah menggunakan simulator seperti yang digunakan dalam pelatihan pilot. Pilot tentu tidak boleh mencoba langsung menggunakan pesawat terbang karena kalau salah bisa berakibat fatal, maka perlu simulator dalam penerbangan pesawat dan juga pendaratan pesawat.

Perusahaan ekspedisi mungkin melakukan simulasi memasukkan dan mengeluarkan barang agar karyawan dapat secara cepat menaikkan dan menurunkan barang sesuai SOP (Standar Operation Procedure) yang telah ditentukan.

Penggunaan simulasi ini lebih efektif dibandingkan metode presentasi karena lebih dekat dengan keadaan sesungguhnya. Tetapi metode simulasi ini lebih banyak waktu dan bahan dalam penyiapannya. Untuk jangka pendek mungkin kurang cepat, tetapi akan sangat efisien untuk jangka panjang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Training dengan cara simulasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday