Dalam mengatasi kekurangan pekerja, ada perusahaan yang enggan untuk merekrut karyawan baru karena mungkin melihat bahwa kekurangan pekerja itu hanya bersifat sementara. Perusahaan dapat mengatasi hal tersebut dengan menambah jam kerja kepada karyawan yang ada pada saat ini. Penambahan jam kerja ini merupakan pekerjaan lembur yang akan menambah pendapatan karyawan.

Pemberian lembur ini dalam jangka waktu pendek akan menyenangkan karyawan karena karyawan akan menerima penghasilan tambahan. Tetapi dalam jangka panjang, pekerjaan lembur akan membuat karyawan sangat lelah dan lama-lama akan stres dan tidak betah bekerja di perusahaan. Hal ini tentu harus diperhitungkan oleh departemen SDM (Sumber Daya Manusia) supaya perusahaan tidak kehilangan karyawan yang produktif. Dengan demikian solusi lembur ini harus merupakan solusi jangka pendek bukan solusi jangka panjang.

Di sisi lain ada juga keadaan bisnis yang sedang kurang baik yang mengakibatkan perusahaan perlu menghemat pengeluaran gaji supaya perusahaan tetap dapat hidup. Perusahaan dapat mengambil langkah pemotongan gaji untuk menghindari PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Tentu saja pemotongan gaji ini harus dikomunikasikan dengan baik kepada karyawan sehingga karyawan dapat menerima keputusan ini dengan lapang dada.

Berkaitan dengan pemotongan gaji karena penghematan ini perlu dipikirkan untuk karyawan dengan gaji yang lebih rendah supaya masih bisa hidup dengan potongan tersebut. Jika diperlukan maka potongan untuk gaji rendah dibuat seminimal mungkin, dan untuk gaji yang lebih tinggi bisa diberikan porsi lebih banyak supaya semua masih bisa hidup dengan baik dengan kondisi pemotongan gaji ini. Tentu saja juga pemotongan ini tdak boleh lama-lama karena akan menurunkan semangat karyawan juga yang dapat juga berakibat menurunnya produktivitas.

Untuk menghindari PHK karena harus menghemat pengeluaran gaji, perusahaan juga dapat mengurangi jam kerja atau hari kerjanya sedangkan tarif upah per jam atau tarif upah per hari tidak berubah. Di sini perusahaan yang biasanya bekerja lima hari dalam seminggu dikurangi menjadi empat hari dalam seminggu sehingga pengeluaran untuk gaji dapat dikurangi.

Dari penjelasan di atas kita melihat bahwa pengubahan upah maupun perubahan lama bekerja dapat dijadikan menjado solusi sementara untuk mengatasi kekurangan pekerja maupun kelebihan pekerja. Tentu saja ini merupakan solusi sementara dan perusahaan perlu membuat strategi yang lebih baik lagi untuk mendapatkan solusi permanen yang lebih baik.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengubahan upah dan jam kerja
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday