Kalau sebelumnya kita telah membicarakan metode seleksi karyawan dengan interview, tes fisik dan tes kemampuan pengetahuan maka kita perlu membuat tes yang menyerupai dengan realitas pekerjaan yang akan dihadapi kandidat, oleh sebab itu kita perlu mengetahui contoh hasil kerja dari kandidat yang melamar pekerjaan ke perusahaan kita.

Pada industri-industru tertentu kita dapat melihat hasil kerja atau portfolio dari kandidat yang melamar pekerjaan ke perusahaan kita. Web designer dan graphic designer dapat menunjukkan disain web dan disain grafis yang pernah dibuat sebelumnya baik dalam masa belajar maupun dalam masa kerja.

Calon karyawan untuk posisi programmer juga dapat menunjukkan program-program apa yang telah dibuat baik dalam masa belajar dan juga dalam pekerjaan. Di sini perusahaan juga dapat melihat style dari calon programmer tersebut membuat source-source code program.

Selain melihat contoh hasil kerja sebelumnya, perusahaan juga dapat memberikan tes hasil kerja dengan meminta mengerjakan salah satu bagian tugas yang nanti akan dia kerjakan. Cara ini akan lebih memberikan gambaran mengenai perkiraan kinerja dari kandidat pada masa-masa mendatang.

Perusahaan memiliki kesempatan untuk menilai contoh kerja kandidat pada masa percobaan. Jika perusahaan puas pada kinerja kandidat selama masa percobaan, maka perusahaan dapat meneruskan hubungan kerja dengan kandidat yang berarti kandidat akan menjadi karyawan tetap. Sebaliknya jika contoh kerja dari kandidat dinilai kurang oleh perusahaan, maka perusahaan tidak akan melanjutkan masa percobaan dan kandidat silahkan mencari perusahaan lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Contoh kerja kandidat
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday