LDAP adalah kependekan dari Lightweight Directory Access Protocol. Dilihat dari kepanjangannya kita dapat menebak artinya yaitu suatu protocol untuk mengakses directory secara ringan. Disebut ringan karena LDAP inin menggunakan jaringan internet yang penggunaan paket-paketnya sangat ringan.

LDAP ini merupakan bagian dari Internet Protocol. LDAP ini digunakan untuk mengakses suatu directory misalnya directory telepon, directory email suatu perusahaan dan lain sebagainya. Pada LDAP ini tidak hanya membaca informasi, tetapi juga bisa menambah dan mengupdate informasi yang ada directory tersebut.

LDAP juga sudah dilengkapi SASL (Simple Authentication and Security Layer) untuk memerika dan memastikan apakah suatu user berhak dan diperbolehkan masuk atau tidak. Karena itulah LDAP juga banyak digunakan untuk ‘single sign on’, yaitu dengan sekali sign-on, user dapat mengakses berbagai aplikasi yang telah disediakan.

Active Directory
Terkait dengan penggunaan LDAP, Microsoft mengembangkan active directory(AD), suatu layanan yang mengendalikan komputer-komputer yang tergabung dalam Windows Domain. Komputer-komputer akan login ke dalam active directory, AD akan memberikan serangkaian security policy, update software, serta menginstall program-program ke dalam komputer-komputer client.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Lightweight_Directory_Access_Protocol .
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Simple_Authentication_and_Security_Layer .
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Protocol .
4. http://en.wikipedia.org/wiki/Active_Directory .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian LDAP(Lightweight Directory Access Protocol)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday