Akhir-akhir ini kita mendengar pengembangan aplikasi menggunakan Node.js . Kita juga memahami bahwa dalam lingkungan pemrograman berbasis web kita mengenal PHP sebagai bahasa pemrograman sisi server yang sangat terkenal. Sebenarnya bagaimanakah Node.js ini dibandingkan dengan PHP ? 

PHP dan Node.js ini sama-sama bisa digunakan di sisi server. Pertama-tama kita akan melihat usianya, kemudian dari usia ini kita dapat membuat analisa lebih lanjut. Secara sejarah PHP lebih tua dibandingkan dengan Node.js. Bahasa pemrograman lahir pada tahun 1994, sedangkan Node.js lahir pada tahun 2009.

Usia PHP lebih tua, ini tentu akan memberikan tingkat kedewasaan yang lebih baik. Kedewasaan ini berarti kelengkapan pustaka dan juga kelengkapan dokumentasi. Dengan menggunakan bahasa PHP kita tentu lebih mudah belajar pemrograman karena mudah dalam mendapatkan dokumentasi pembelajaran. Dan karena kedewasaan tersebut, kita mudah mendapatkan tool-tool untuk mengebangkan aplikasi menggunakan bahasa PHP.

Usia Node.js lebih muda, ini memberikan kesempatan kepada Node.js untuk membuat terobosan baru yang tidak ada pada PHP. Salah satu terobosan ini adalah penggunakan Javascript sebagai bahasa pemrograman di sisi server. Dengan pemrograman Javascript di sisi server ini maka pengembang aplikasi atau programmer  dapat menggunakan bahasa pemrogaraman baik di sisi server maupun di sisi client. Terobosan dari Node.js adalah bahwa Node.js bisa digunakan juga sebagai aplikasi desktop.

Berkaitan dengan kecepatan, masing-masing pihak bisa membuat perbandingan bahwa salah satu pihak lebih cepat dari yang lain. Tapi dilihat dari usianya, Node.js punya kesempatan membuat lebih cepat karena menggunakan teknologi terbaru tanpa harus mempertahankan teknologi terdahulunya.

Dalam tingkat praktis, hampir dapat dipastikan bahwa semua web hosting mendukung bahasa pemrograman PHP. Inilah salah satu kelebihan dari PHP.

Dari penjelasan di atas, setiap orang boleh memilih PHP atau Node.js sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Artikel-artikel terkait perbandingan Node.js dan PHP dapat dibaca juga di
1. http://www.sitepoint.com/sitepoint-smackdown-php-vs-node-js/ .
2. http://www.hostingadvice.com/blog/comparing-node-js-vs-php-performance/ .
3. http://www.infoworld.com/article/2866712/php/php-vs-node-js-an-epic-battle-for-developer-mind-share.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »