Website saat ini sudah merupakan identitas suatu perusahaan. Tampilan dan content/isi dalam website akan memberikan kesan mendalam kepada pengunjungnya. Untuk itu kita harus membuat langkah-langkah strategis dalam pengembangan website.

Pengembangan website dibagi ke dalam dua tahap

  1. Pembuatan website
    Dalam langkah ini, eksekutif perusahaan tentu mengenai profile perusahaannya.
    Eksekutif perusahaan kemudian membuat konsep mengenai website yang akan dibuat. Salah satu bagian dari konsep itu adalah content yang akan disajikan di dalam website.
    Secara umum content website dibagi dalam menu-menu antara lain Home, About us, Product/Services, News, Articles dan Contact. Untuk perusahaan yang mempunyai Product/Services yang jumlahnya banyak maka Product/Services dibagi ke dalam beberapa sub product/services. Content dalam menu lain bisa terdiri 1 atau lebih. Konsep website ini dikenal dengan Sitemap.
    Setelah sitemap jadi, langkah berikutnya adalah mencari perusahaan yang berpengalaman di layanan pembuatan dan pengembangan website.
    Untuk mengetahui pengalaman perusahaan ini bisa dilakukan dengan melihat portfolio yang disajikan. Dari portfolio ini akan kelihatan sampai seberapa professional jasa pengembangan website yang telah dilakukan perusahaan tersebut.
    Professional di sini bisa dilihat dari sisi estetika(disain) dan layanan support/teknis.
    Layanan support/teknis di sini meliputi hal-hal teknis seperti kecepatan website, kecepatan pengiriman dan penerimaan email dan infrastruktur yang digunakan.
  2. Pengembangan content
    Setelah pembuatan website, langkah selanjutnya adalah mengembangkan content.
    Pengembangan content ini bisa dilakukan di article.
    Jenis content/halaman yang perlu dikembangkan ada 2 macam : content untuk mengkomunikasikan produk/jasa perusahaan dan content untuk memberikan pengetahuan/wawasan kepada pengunjung.
    Content untuk memberikan wawasan kepada pengunjung ini perlu untuk melahirkan prospek dan pelanggan baru. Konsep content ini antara lain
    a. Content yang mengidentifikasi masalah yang dihadapi prospek
    b. Content yang memberikan solusi mengenai masalah tersebut
    c. Content yang memberikan informasi mengenai produk/jasa kita dapat memberikan solusi atas masalah tersebut
    d. Content mengenai keuntungan memakai produk/jasa kita dibandingkan dengan yang ditawarkan pesaing
    e. Ajakan untuk mengambil keputusan memakai produk/jasa kita

Dengan melakukan 2 hal tersebut maka website akan memberikan citra yang baik bagi produk/jasa perusahaan kita. Langkah pengembangan content harus kita kerjakan terus-menerus untuk bisa lebih menyebarkan mengenai produk/jasa yang kita berikan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengembangan website
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday