Bagian paling dasar dalam menjalankan bisnis adalah menghitung profit. Profit adalah selisih antara pendapatan dikurangi pengeluaran. Jika pendapatan lebih besar daripada pengeluaran maka bisnis anda untung, jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan maka bisnis anda rugi.

Kita juga harus bisa menghitung profit per product, profit per karyawan dan secara keseluruhan profit perusahaan. Menghitung profit per product tidak hanya menghitung selisih harga jual dikurangi dengan harga beli, tetapi juga harus dihitung terhadap biaya pengiriman, tenaga kerja, sewa tempat, listrik, air dan komponen-komponen lain yang telah dihitung dan dibebankan ke dalam tiap produknya.

Untuk bisa menghitung profit-loss dengan baik  kita harus membuat laporan keuangan secara sistematis. Gunakanlan aplikasi program akuntansi untuk membukukan keuangan anda, jangan mengandalkan pembuatan laporan keuangan yang manual.

Begitu juga dengan usaha web development. Dalam usaha web development, kita harus banyak memberi perhatikan kepada biaya tenaga kerja. Pertama-tama kita menghitung berapa biaya yang dikeluarkan per orang setiap harinya, angka inilah yang akan menjadi pedoman menentukan harga development website. 

Jika kita sudah mendapatkan profit margin kita, langkah berikutnya adalah mengevaluasi.
Jika ternyata rugi, kita harus memikirkan bagaimana supaya untung. Kita dapat menaikkan harga, menurunkan biaya atau memperbaiki proses bisnisnya.
Jika sudah untung, maka kita harus memikirkan bagaimana supaya bisnis ini bisa diduplikasi supaya menjadi besar.

Dalam duplikasi ini, kita membuat team untuk membesarkan bisnis ini. Kita harus belajar bagaimana memanage team ini supaya bisa menjadi team player yang baik. Team ini sangat penting untuk kesuksesan bisnis kita.

Setelah kita menemukan bahwa bisnis kita bisa diduplikasi, kita kemudian memikirkan cara supaya bisnis kita mudah dikendalikan. Kita dapat membuat aplikasi berhubungan dengan aktivitas perusahaan. Perhatikan perkembangan dunia teknologi informasi dan manfaatkanlah untuk efisiensi dan optimalisasi kinerja perusahaan anda.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Hitung profit usaha anda
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday