Articles

Manajemen Article:

06 March 2012

Value propositions

Persaingan bisnis semakin ketat. Produk-produk dengan fungsi yang sama atau mirip mulai bermunculan. Pelanggan mudah berpindah dari suatu produk kepada produk yang lain. Secara fungsi mungkin sama, tetapi pelanggan mempunyai kecenderungan untuk me

More

29 February 2012

Segmentasi pelanggan (customers segments)

Pelanggan adalah inti dari perusahaan. Perusahaan dapat hidup dan berkembang karena mempunyai pelanggan-pelanggan yang memberikan keuntungan bagi perusahaan. Situasi persaingan, keterbatasan sumber daya perusahaan membuat perusahaan harus memilih jenis pelanggan yang harus dilayani.

More

27 February 2012

Analisa SWOT

SWOT adalah suatu analisa terhadap suatu permasalahan bisnis yang hasilnya digunakan untuk menentukan langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut. SWOT merupakan singkatan atau kependekan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threat. Strengths/kekuatan dan Weakness/kelemahan merupakan fak

More

20 February 2012

Produksi masal (mass production)

Perusahaan yang ingin bertahan di era kompetisi yang sangat segit harus mempunyai produk berkualitas dengan harga yang bersaing. Untuk membuat harga yang baik biasanya adalah menekan biaya produksi. Untuk menekan biaya produksi bisa dilakukan dengan

More

17 February 2012

Memposisikan produk (product positioning)

Product positioning adalah menempatkan suatu produk di antara produk-produk lainnya. Kita harus mengenal produk-produk lain yang merupakan kompetitor kita dan juga produk lain yang mempunyai peluang mengambil pangsa pasar kita.

More

09 February 2012

Proses bisnis

Proses bisnis adalah serangkaian aktivitas-aktivitas yang membentuk keseluruhan bisnis kita. Manajemen puncak harus mengerti mengenai proses bisnis yang ada di perusahaannya sedalam yang ia bisa ketahui. Makin dalam mengetahui proses bisnis, maka akan lebih mudah menentukan kebijakan yang lebih baik

More

04 February 2012

Product pricing

Dalam mengembangkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan, kita dapat membuat varian-varian produk yang disesuaikan dengan kemampuan membayar dari calon pelanggan kita.

More

04 February 2012

Inovasi produk (Product Innovation)

Inovasi produk merupakan suatu proses yang berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Permasalahan yang sering terjadi di dalam bisnis adalah produk yang bagus tetapi mahal atau produk yang murah tetapi tidak berkualitas.

More

12 November 2011

Job report sebagai sumber data pemetaan proses bisnis

Dalam pemetaan proses bisnis (process business mapping), pengumpulan data merupakan proses yang sangat menentukan keberhasilan proses pemetaan. Hal yang lebih baik adalah jika ada kebiasaaan setiap karyawan memberikan job report yang merupakan laporan tertulis aktivitas harian.

More

18 October 2011

Moment of truth

Moment of truth adalah moment-moment atau kesempatan calon pelanggan berinteraksi dengan suatu perusahaan dan menilai layanannya. Setiap perusahaan yang berorientasi pelanggan harus memperhatikan moment of truth ini.

More