Setiap orang ingin dihargai, setiap orang ingin berpartisipasi. Begitulah kita sering mendengar hal-ini. Begitu juga di dalam perusahaan, karyawan juga ingin merasa berguna  bagi perusahaan, merasa dihargai perusahaan.

Pekerjaan bersih-bersih misalnya. Atasan yang baik akan menjelaskan mengapa pekerjaan dia itu penting. Dengan lingkungan yang bersih, maka karyawan-karyawan akan merasa nyaman sehingga kinerja dan produktivitas akan naik.

Begitu juga pekerja-pekerja yang bekerja di lini produksi yang mungkin melakukan pekerjaan yang itu-itu saja. Bila pekerja-pekerja bertanya ‘apa ya sebenarnya yang kami kerjakan’, atasan tidak boleh menjawab ‘kamu tidak perlu tahu’. Atasan yang baik akan menjelaskan proses bisnis secara utuh di mana karyawan adalah bagian dari proses bisnis tersebut.

Merasa bagian dari proses bisnis dan pemahaman yang baik mengenai proses bisnis membantu departemen-departemen perusahaan melakukan kerja secara sinkron menyukseskan misi perusahaan. Tanpa pemahaman menyeluruh dari seluruh lini, maka departement punya misi sendiri-sendiri, karyawan punya mempunyai misi sendiri-sendiri dan kemungkinan besar misi-misi tersebut tidak sinkron dengan misi perusahaan dan malah bertentangan.

Perusahaan harus memikirkan cara-cara agar setiap karyawan mengerti misi perusahaan dan melakukan pekerjaan dalam kerja menjalankan misi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Melibatkan karyawan dalam bisnis proses
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday