Setelah kita mengetahui audience dan menguasai materi yang akan kita presentasikan, langkah berikutnya adalah mengenai kelebihan dan kekurangan kita dalam menyampaikan suatu presentasi.

Jika kita memang expert di bidang ini, maka di sinilah kelebihan kita, dan kita harus menggunakan kelebihan kita secara maksimal.

Jika kita belum ahli mengenai materi yang kita sampaikan, maka kita perlu mencari pengetahuan-pengetahuan yang mendalam yang perlu kita sampaikan. Ini bisa dilakukan dengan menggali informasi lewat internet, membaca buku/majalah/koran/jurnal, melakukan wawancara dan lain sebagainya.

Jika kita termasuk orang yang terbiasa melakukan segala sesuatu secara sistematis, maka pergunakan kelabihan kita ini saat presentasi. Sampaikan presentasi dengan urutan-urutan yang sistematis. Kuasai interupt-interupt yang mungkin terjadi.

Jika kita bukan orang yang pandai menyampaikan materi secara sistematis, maka kita perlu membuat urutan-urutan di mana orang lain dapat mengerti mengenai materi yang akan kita sampaikan. Bayangkan andaikata diri kita sendiri yang mendengarkan presentasi itu apakah bisa menerima informasi dengan baik.

Buatlah juga persipan menangani interupt-interupt yang mungkin menyita waktu. Pastikan kita punya strategi meluruskan arah presentasi jika diskusi menjauh dari materi presentasi kita.

Ada orang yang mempunyai karisma, jika anda mempunyai karisma gunakanlah karisma ini secara maksimal. Pakai karisma anda supaya pendengar mendengarkan dan memahami presentasi kita dengan baik.

Begitu juga jika anda bisa melontarkan humor, gunakan humor anda supaya presentasi menarik dan pendengar memperhatikan dengan seksama.

Jika anda termasuk orang yang tidak betah melakukan presentasi yang cukup lama, anda bisa istirahat sejenak dengan melontarkan suatu pertanyaan ringak kepada pendengar. Dengan cara ini juga kita membuat interaksi dengan pendengar.
Tetapi jika anda termasuk yang kuat melakukan presentasi berjam-jam dan tetap bisa menjaga konsentrasi pendengar, anda tidak perlu harus melontarkan pertanyaan ringan untuk berinteraksi dengan pendengar.

Dengan mengenal kelebihan-kelebihan kita kemudian menggunakannya dan juga kelemahan-kelemahan kita kemudian menanggulanginya, maka presentasi kita akan lebih maksimal.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.