Dalam kehidupan kita, kita menjumpai pemimpin-pemimpin yang mempunyai kharisma sejak lahir. Ada pula yang menjadi pemimpin setelah usia tertentu. Dalam sejarah kita juga menemukan pemimpin-pemimpin yang tidak pernah mendapatkan pelatihan kepemimpinan tetapi memimpin suatu bangsa. Kalau begitu, pemimpin itu dilahirkan atau dididik ?

Jawabannya adalah ada pemimpin yang dilahirkan dan ada juga yang dididik atau dilatih. Ada pemimpin yang sejak kecil mempunyai kharisma dan mampu memimpin teman-temannya, menanjak dalam karir dan menduduki posisi kepemimpinan yang sangat penting. Dalam hal ini pemimpin tersebut memang benar-benar memiliki kemampuan kepemimpinan sejak lahir.

Dalam realita dunia pendidikan dan sekolah, ada orang yang terpaksa menjadi ketua kelas ataupun manager karena lingkungan mengharuskan begitu. Mereka mempimpin karena dipaksa lingkungan. Mereka kemudian menanggapi dengan belajar mengenai kepemimpinan dan berhasil memimpin.

Ada pula orang yang dekat dengan pemimpin. Mereka mengamati dan belajar dari pemimpin tersebut, kemudian dia juga mengikuti gaya kepemimpinannya dan berhasil mempimpin.

Dengan demikian pemimpin ada yang dilahirkan atau ada juga yang dipelajari. Kita bisa menggabungkan kedua hal ini dan menjadikan kepemimpinan yang lebih menginspirasi orang lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pemimpin dilahirkan atau dididik ?
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday