Articles

Pengertian white label

Pengertian white label dalam dunia bisnis adalah memberi merek dari suatu produk atau jasa yang dibelinya dari perusahaan lain. Mula-mula ada perusahaan yang memproduksi suatu produk misalnya laptop dalam jumlah besar tanpa memberikan nama merek pada produk-produk yang dijualnya. Produk yang tanpa label itu kemudian dijual kepada beberapa perusahaan pembeli, perusahaan pembeli ini kemudian menjual produk misalnya laptop tadi dengan nama merek masing-masing perusahaan pembeli itu.

Proses bisnis dengan white labeling ini banyak dilakukan pada produk elektronik. Banyaknya merek yang beredar saat ini merupakan produk yang dibeli dari China, diimpor ke Indonesia dan diberi merek lokal.

Praktek bisnis white label ini menguntungkan bagi banyak pihak. Pihak pabrik melakukan riset dan menjual ke berbagai perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tinggal membeli produk-produk tersebut dan menandai dengan mereknya masing-masing.

White labeling juga banyak dilakukan perusahaan hosting dengan sistem reseller. Reseller hosting akan menyembunyikan siapa induk perusahaan hostingnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Manajemen Articles:
Perorangan, persekutuan (CV) dan perseroan terbatas (PT)
Karakteristik informasi yang bermanfaat
Pengertian goodwill dalam akuntansi
Pengertian white label
Pengertian OEM
Pengertian SKU (Stock Keeping Unit)
Pengertian barriers to entry
Metode Feature, Advantage dan Benefit
Company benefits
Telemarketing vs Telesales
Telemarketing adalah