Bagian yang sangat penting juga dalam presentasi adalah penguasaan materi. Materi yang kita presentasikan harus akurat, realistis dan disusun dengan rapi.

Content adalah pusat dari presentasi. Idealnya kita harus menguasai materi dengan sempurna. Tetapi dalam kehidupan nyata, kita diminta atasan kita untuk mempelajari produk baru, mempelajari teknologi baru dan kemudian melakukan presentasi. Dalam kasus ini kita harus menggali lebih dalam.

Untuk memberikan presentasi secara baik, kita harus menguasai materi secara mendalam. Kita harus melakukan penelitian-penelitian untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Untuk melakukan penelitian-penelitian ini kita harus mencari sumber-sumber informasi.

Banyak orang mencari informasi melalui internet. Informasi yang disediakan internet akan sangat banyak dan beraneka ragam. Di sini kita harus bisa memisahkan informasi mana yang akurat dan update dan mana informasi yang perlu kita abaikan. Informasi yang akurat biasanya ditulis oleh pihah/penulis yang jelas. Informasi akan semakin akurat lagi jika dia menyebutkan sumbernya.
Suatu informasi yang kita dapatkan dari suatu sumber di internet harus kita cek ulang dengan sumber lain untuk memastikan kebenarannya.

Jika bahan presentasi menyangkut internal perusahaan, kita bisa menanyakan kepada orang yang paling bertanggung jawab dalam bidang itu di dalam perusahaan. Kita juga dapat mencari lewat newletter internal yang diterbitkan perusahaan.

Jika kita sudah menguasai materi-materi secara mendalam maka kita selanjutnya memfokuskan kepada audience yang akan mendengarkan presentasi kita. Kita bisa memfokuskan pada apa kebutuhan mereka dan apa yang diharapkan dari presentasi kita. Dari sini kita bisa lebih mengarahkan materi presentasi kita.

Setelah menguasai materi-materi presentasi, selanjutnya kita akan menentukan sampai seberapa dalam kita akan melakukan presentasi. Dalam hal ini kita harus memperhatikan audience kita. Jika audience kita banyak dari pakar-pakar di bidang yang akan presentasikan, maka kita akan memberikan presentasi dengan dalam dan juga istilah-istilah yang lebih akurat. Jika audience kita adalah bagian umum, kita dapat memberikan presentasi dengan materi yang lebih ringan dan bahasa yang lebih mudah dimengerti.
Kita juga mempersiapkan extra pengetahuan, karena ada kemungkinan pendengar akan menanyakan hal di luar presentasi kita.

Presentasi adalah menyampaikan ide. Fokuskan presentasi pada ide anda, apakah ide anda adalah menjual, memberikan solusi sebuah masalah, memberikan proposal investasi, melakukan persuasi untuk memperbaiki sesuatu dan lain sebagainya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.