Dalam memberikan suatu layanan kita harus memikirkan efek jangka panjang baik di sisi pelanggan kita maupun sisi operasional perusahaan. Begitu juga dalam layanan pengembangan website.

Dalam membuat website kita mempunyai pilihan menggunakan tool-tool yang sudah banyak dipakai di pasaran atau mengembangkan sendiri tool-tool yang kita buat.

Menggunakan tool-tool yang sudah ada di pasaran akan membuat pembuatan website lebih cepat, tetapi ada kekurangan-kekurangan lainnya. Kekurangan pertama adalah kita tergantung dari tool-tool tersebut. Jika tool-tool dalam hal ini software mengalami upgrade kita harus memperhatikan dampak apa saja yang mungkin terjadi. 
Jika kita mendevelop hanya beberapa website hal itu tidak menjadi masalah, bagaimana jika kita telah mendevelop ratusan website?
Tentu saja kita harus mengupgrade website satu-persatu.
Kekurangan lain adalah kita terlalu mengandalkan programmer yang bekerja pada kita. Jika programmer keluar maka kita akan kelabakan karena hanya programmer tersebut yang mengetahui logika pengembangan website.

Untuk layanan website dimana kita ingin membuat layanan efisien jangka panjang adalah dengan mengembangkan sendiri, membuat standard development sendiri dan membuat wizard-wizard supaya development bisa dikerjakan dengan cepat. Ini akan sulit pada awalnya, tetapi akan memudahkan di kemudian hari.

Membuat kerja yang sistematis merupakan salah satu kunci menjalankan bisnis. Perusahaan harus mempunyai sistem yang akan mengatur kerja karyawan. Perusahaan harus mengandalkan system. Jangan sampai system perusahaan bergantung kepada orang.

Sebagai seorang enterpreneur kita harus memikirkan layanan yang terus-menerus kita berikan kepada pelanggan kita. Efektifitas kerja yang baik akan lebih membuat bisnis kita terlihat profesional.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Strategi layanan jangka panjang
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday