Setiap orang dilahirkan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Bagaimanakah kita menghandel kelebihan dan kekurangan kita ini ?

Saya sebagai programmer memiliki skill untuk melakukan coding, menganalisa system, memelihara server dan lain sebagainya. Ini merupakan kelebihan saya. Tetapi saya mempunyai kekurangan dalam hal melakukan negoisasi, memberikan motivasi, memimpin team dan hal-hal lain terkait dengan berhubungan manusia. Bagaimana kita harus menghandle hal ini ?

Saya bisa memilih memusatkan diri saya untuk belajar negoisasi, belajar memotivasi, belajar memimpin team untuk mengatasi kelemahan saya. Tetapi andaikata saya curahkan semua energi ke situ, maka kelebihan-kelebihan saya menjadi berkurang kompetensinya. Terus bagaimana saya harus melangkah ?

Langkah yang baik adalah saya terus menajamkan kelebihan saya, dan di lain pihak juga tetap belajar mengatasi kekurangan-kekurangan saya sampai batas-batas tertentu, mungkin sebatas konsep. Kemudian saya akan mencari rekan yang direkrut untuk mengurusi hal-hal lain yang merupakan kelebihan saya. Dengan cara ini maka kita akan memiliki team yang expert pada masing-masing bidang.

Dalam membangun team kita harus memperhatikan kelengkapan skill. Kecenderungan kita adalah mencari rekan kerja yang mirip dengan kita. Mencari rekan kerja yang mempunyai kemiripan dalan kelebihan dan kelemahan kita akan menyebabkan kita tidak siap menghadapi masalah yang berhubungan dengan kelemahan kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Keterpaduan berbagai skill untuk membangun team
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday