Dalam sistem informasi manajemen, aplikasi yang dibangun berusaha menampilkan informasi yang bisa membantu pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan. Untuk itu informasi yang disajikan harus bermanfaat bagi pemangku kepentingan. Informasi dalam aplikasi dapat berupa data dalam layar monitor maupun hasil cetak. Apakah ciri-ciri atau karakteristik informasi yang bermanfaat tersebut ?

Karakteristik dari informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan adalah:

  1. Relevansi
    Informasi yang dihasilkan oleh aplikasi harus sesuai dengan pemakai. Informasi stock akan berguna bagi bagian pembelian untuk membuat keputusan melakukan order kembali bahan baku atau barang dagang. Informasi stock ini tentu tidak penting bagi bagian SDM (Sumber Daya Manusia)
  2. Timeliness
    Informasi yang disajikan harus realtime atau paling tidak data satu hari kemarin. Kalau informasi yang disajikan adalah data-data tahun lalu tentu tidak sesuai dengan keadaan nyata saat ini.
  3. Akurat
    Informasi yang disajikan haruslah akurat. Untuk menjaga agar informasi selalu akurat kita perlu melakukan pengendalian agar data saat dimasukkan adalah akurat. Jika yang dimasukkan tidak akurat maka informasi yang dihasilkan adalah tidak akurat atau biasa juga dikenal ‘garbage in garbage out’ yang artinya jika data masukan adalah sampah maka data keluaran adalah sampah.
  4. Lengkap
    Informasi yang disajikan juga harus lengkap, jangan ada informasi yang sengaja tidak disertakan.
    Informasi invoice harus menyertakan informasi credit notenya.
    Informasi penjualan harus menyertakan informasi yang sudah dibayar dan juga yang belum dibayar
  5. Ringkas
    Informasi yang disajikan harus bersifat ringkas. Tentu dalam informasi yang ringkas ini ada link untuk melihat detilnya. Dalam aplikasi modern informasi ringkas disajikan dalam dashboard.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.