Ilmu pengetahuan semakin berkembang. Perkembangan sangat pesat terjadi pada teknologi telekomunikasi dan informasi. Teknologi telekomunikasi dan informasi ini memungkinkan semua orang mudah berkomunikasi dari berbagai dunia dengan biaya yang sangat murah.

Di sisi lain perkembangan birokrasi juga semakin mudah. Negara-negara saling terbuka dalam perekonomiannya. Antar negara saling membuka diri terutama dalam kemudahan melakukan perdagangan antar negara. Pekembangan selanjutnya adalah pengurangan tarif masuk dalam ekspor dan impor. Pengurangan tarif ini hingga sampai dengan 0%.

Pengurangan tarif hingga 0% ini berarti perusahaan lokal akan berhadapan langsung dengan perusahaan dari luar negeri. Perusahaan harus bersaing dengan perusahaan luar negeri. Jika tidak meningkatkan kualitas produksi dengan harga yang tepat, perusahaan lokal tidak bisa bertahan bersaing dengan perusahaan luar negeri. Dengan demikian maka perusahaan lokal harus punya kualitas produk yang bagus dan harga yang bersaing dengan perusahaan luar negeri.

Masuk pasar dengan cost leadership atau harga murah berarti kita memproduksi produk dengan biaya paling rendah dibandingkan produk pesaing. Untuk produk dengan cost leadership ini, perusahaan harus dapat membuat perhitungan biaya yang seakurat mungkin untuk dapat menjual harga dengan harga yang murah dan tetap untung.

Jika tidak akurat misalnya perhitungan biaya produksi kita terlalu rendah, kita akan menjual harga produk dengan murah tetapi rugi. Produk yang kita jual mungkin akan laku keras, tetapi ingat makin banyak yang kita jual berarti perusahaan makin mengalami kerugian.

Jika kita tidak akurat misalnya perhitungan biaya terlalu tinggi, maka kita akan menjual dengan harga tinggi. Dengan harga tinggi maka perusahaan kalah bersaing dan penjualan sedikit. Penjualan yang sedikit mungkin tidak bisa membiayai kegiatan perusahaan dan perusahaan harus meminjam uang kepada pihak lain. Jika terus-menerus meminjam pihak ketiga, maka perusahaan tidak sehat dan lama-lama bisa tutup.

Keahlian menghitung biaya produksi inilah yang dipelajari dalam Managerial Accounting. Staf Managerial Accounting harus ditempatkan di banyak departemen untuk memperkirakan biaya masing-masing department. Contoh departemen adalah departemen produksi untuk menghitung biaya produksi. Dalam departemen pemasaran dan penjualan juga harus dihitung biayanya, jangan sampai biaya yang dikeluarkan menggerus keuntungan perusahaan. Inilah pentingnya Managerioal Accounting ditempatkan di banyak anak perusahaan dan juga divisi perusahaan .

Dalam memasuki pasar kita akan masuk dengan differensiasi atau dengan cost leadership. Bersaing dengan differensiasi berarti membuat produk dengan nilai tambah yang lebih dibandingkan dengan produk pesaing. Meskipun perusahaan masuk dengan differensiasi, perusahaan harus akurat memperhitungkan biaya. Ini penting jika tiba-tiba ada produk yang menjadi saingan dalam produk tersebut. Jika kita tahu persis biayanya maka, kita dapat dengan mudah dan cepat membuat aktivitas promo harga pada saat yang diperlukan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pentingnya menerapkan managerial accounting
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday