Dalam menjalankan perusahaan kita mengenal variable cost dan fixed cost. Dalam bahasa Indonesia kita dapat memahami sebagai biaya berubah dan biaya tetap. Berikut akan dijelaskan mengenai variable cost dan fixed cost.

  1. Variable Cost
    Dalam menjalankan usaha, kita mungkin akan menentukan omzet penjualan. Saat kita menentukan omzet penjualan, mungkin ada biaya-biaya yang ikut naik seiring dengan kenaikan omzet yang kita inginkan. Biaya yang ikut naik dengan kenaikan omzet inilah yang disebut variable cost.

    Dalam usaha perakitan komputer jika kita ingin menaikkan kapasitas penjualan dua kali misalnya, maka kita harus membeli bahan baku dua kali lebih banyak. Dengan demikian biaya bahan baku akan naik dua kali lipat. Biaya bahan baku untuk tiap komputer tetap sama, tetapi seluruh biaya bahan baku naik sebesar dua kalinya.
    Jadi pada variable cost ini ada yang selalu tetap yaitu unit cost.

  2. Fixed Cost
    Masih terkait dalam operasional perusahaan, kita mungkin ada pengeluaran-pengeluaran tetap yang biayanya tetap meskipun kita menambah omzet. Biaya-biaya yang tetap meskipun kita menambah omzet antara lain sewa gedung.

    Jika produk sedikit, maka fixed ini akan membebani produk yang sedikit ini sehingga unic cost akan besar. Jika unit yang diproduksi naik, maka fixed cost akan dibagi ke unit cost yang banyak ini sehingga unit cost turun.
    Jadi dalam Fixed Cost ini ada yang variable yaitu nilai unit costnya. Nilai unit cost ini ini berubah sesuai dengan perubahan jumlah unit yang diproduksi.

Penjelasan Variable Cost dan Fixed Cost di atas merupakan penjelasan sederhana untuk kita memahami variable cost dan fixed cost. Dalam realita akan lebih kompleks lagi. Misal pada penambahan produksi tertentu harga bahan baku mendapatkan diskon sehingga unit cost juga ikut turun.

Begitu juga dengan fixed cost. Dengan adanya penambahan unit yang besar, mengakibatkan kita harus menyewa tambahan ruangan sehingga fixed costnya juga naik.

Pembahasan lebih lanjut kita dapat membaca Analisa CVP (Cost Volume Profi) di http://www.proweb.co.id/articles/erp/analisa_cvp.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.