Setelah pada artikel sebelumnya ke membahas integrasi pemasaran dengan strategi pemasaran, kita perlu memahami keadaan di luar perusahaan. Kemampuan memahami keadaan exsternal perusahaan sangat menentukan tingkat keberhasilan strategi pemasaran yang telah dicanangkan. Dengan pemahaman keadaan di luar perusahaan ini kita akan membuat analisa peluang pasar.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat analisa peluang pasar adalah

  1. Memahami kondisi makro
    Kondisi makro ini merupakan kondisi secara menyeluruh misal kebijakan pemerintah. Kita harus mengerti kebijakan pemerintah terkait dengan industri yang kita masuki.
    Terkait dengan industri yang kita masuki, pemahaman karakteristik industri sangat diperlukan dalam memahami makro industri. Eksekutif perusahaan harus memperhatikan apa kondisi makro yang akan mendukung pertumbuhan perusahaan dan apa kondisi makro yang akan memperlambat penyerapan pasar terhada produk dalam industri tersebut.
      
  2. Analisa pelanggan
    Tujuan utama kegiatan pemasaran adalah transaksi pertukaran antara perusahaan dan pelanggan. Motivasi pelanggan dalam memberi barang adalah berbeda-beda pada produk yang sama. Pelanggan-pelanggan membeli produk yang sama tetapi mencari manfaat yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelanggan-pelanggan juga mempunyai tikat sensitifitas yang berbeda dengan kenaikan dan penurunan harga. Oleh karena itu kita perlu menganalisa kebutuhan pelanggan, keinginan pelanggan dan juga berapa besar uang yang mau mereka berikan dan transaksi penjualan ini.
     
  3. Riset pemasaran dan forecasting
    Eksekutif pemasaran harus memahami karakteristik pelanggan yang loyal, calon pelanggan yang potensial, kekuatan jalur distribusi dan juga kekuatan dan kelemahan pesaing. Bagian pemasaran harus membuat riset mengenai perkiraan volume penjualan dan perkiraan keuntungan yang akan diraih.
     
  4. Segmentasi pasar
    Dalam membuat analisa pelanggan kita akan mengelompokkan pelanggan-pelanggan berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Kemudian dilanjutkan dengan pengelompokan mengenai seberapa besar mereka mau membayar untuk produk yang mereka cari. Hasil dari pengelompokan ini adalah pasar yang sudah dipisah-pisahkan atau sudah dikelompokkan dalam segmen-segmen.
    Dari strategi yang dibuat perusahaan kita kemudian akan melihat segmen mana yang kita masuki dan segmen yang tidak akan kita masuki. Perusahaan kemudian membuat target mengenai segman pasar mana yang akan dimasuki disertai dengan bagaimana perusahaan memposisikan dirinya dalam area segmen tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »