Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin membeli printer untuk kita gunakan di rumah kita, mungkin akan digunakan anak kita dalam mencetak tugas-tugas sekolah yang harus dikumpulkan dalam bentuk hasil print. Di sini kita membeli barang dalam hal ini printer untuk digunakan sendiri.

Kita menyekolahkan anak kita ke suatu sekolah, dengan kala lain kita membeli jasa pendidikan kepada suatu yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Di sini kita membeli jasa pendidikan untuk digunakan oleh anak kita.

Untuk tingkat perusahaan, perusahaan juga membeli printer untuk digunakan karyawan-karyawannya. Karyawan kemudian ada yang menggunakan printer untuk mencetak proposal, mencetak kontrak bisnis, mencetak tagihan dan mencetak laporan-laporan yang diperlukan untuk kepentingan perusahaan. Di sini printer digunakan untuk operasional sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri tertentu.

Perusahaan mungkin juga mengimkan karyawan-karyawannya untuk mengikuti suatu training tertentu. Sebagai contoh staf sales yang baru dikirimkan ke lembaga pelatikan sales. Di sini perusahaan membeli jasa pendidikan dan pelatihan untuk digunakan dalam operasional perusahaan.

Dari penjelasan paragraf-paragraf di atas, kita bisa membeli barang misalnya printer untuk kepentingan pribadi atau untuk kepentingan perusahaan. Kita juga dapat membeli layanan pendidikan baik untuk pribadi maupun untuk perusahaan.
Dari sini kita melihat ada dua macam pelanggan yaitu
a. Pribadi atau konsumen akhir
b. Perusahaan atau juga disebut industri

Perusahaan harus mengerti siapa target pelanggannya apakah pribadi, perusahaan atau keduanya. Perusahaan dapat memiliki dua macam sekaligus untuk produk yang sama misalnya printer dalam contoh di atas.  Dua macam pelanggan ini memiliki karakteristik yang berbeda, dengan demikian perusahaan harus memahami dengan baik karakteristik dua macam pelanggan ini. Dengan memahami karakteristik pelanggan yang merupakan target pasarnya, maka perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dan menghasilkan penjualan seperti yang telah ditargetkan. 

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.