Supaya perusahaan dapat terus berjalan dan bertumbuh sesuai visi misi yang sudah ditetapkannya perusahaan harus dapat menjalankan perusahaan dan memperoleh keuntungan. Berbicara mengenai keuntungan berarti perusahaan harus dapat menjual produknya pada suatu celah pasar tertentu. Dari hal inilah maka perusahaan perlu memiliki kebijaksanaan pemasaran atau marketing decisions agar perusahaan dapat melayani pelanggan dengan baik, mendapatkan keuntungan, melayani pelanggan lebih baik lagi  demikian seterusnya.

Kebijaksanaan pemasaran atau marketing decisions meliputi

  1. Target pelanggan
    Dalam membuat strategi pemasaran, kita harus menetukan suatu target pasar tertentu. Kita tidak mungkin melayani semua target pasar. Kalau kita berbicara kita melayani semua target pasar jangan-jangan kita justru tidak memiliki fokus, karena itu layanilah suatu segmen pasar tertentu.
      
  2. Kebutuhan dari target tersebut
    Kita harus menganalisa kebutuhan dari target pasar tersebut.
     
  3. Merancang produk
    Setelah menganalisa target pasar tersebut, kita merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan target pasar tersebut. Kita merancang suatu produk dengan fitur yang dibutuhkan dan juga daya beli dari target pasar yang kita tuju.
     
  4. Distribusi produk
    Setelah kita berhasil membuat produk sesuai kebutuhan dari target pasar tersebut, maka langkah berikutnya adalah menyediakan produk-produk kita supaya dapat dijangkau oleh calon pelanggan yang merupakan target pasar kita.
     
  5. Membuat calon pelanggan sadar akan produk tersebut
    Pelanggan tentu tidak akan membeli produk kita kalau pelanggan belum mengenal produk kita. Kita perlu melakukan langkah-langkah agar calon pembeli produk kita mengetahui produk kita dan tahu di mana akan membeli produk kita.
      
  6. Menjaga relasi
    Jika pelanggan sudah membeli produk kita, kita harus menjaga hubungan dengan pelanggan. Kita harus membuat langkah-langkah agar pelanggan mengingat produk kita.

Itulah marketing decision yang harus kita perhatikan dalam merancang dan memasarkan produk yang dibuat oleh perusahaan. Produk ini dapat berupa barang atau jasa.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kebijaksanaan pemasaran
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday