Dalam masyarakat yang luas ini ada sekelompok orang yang tertarik kepada suatu jenis produk tertentu. Sekelompok orang ini tertarik kepada suatu atau beberapa manfaat dari jenis  produk tertentu itu. Sekelompok orang ini mempunyai kemampuan keuangan untuk membeli jenis produk tertentu ini. Inilah yang disebut pasar. Dan kalau kita melihat bahwa sekelompok orang ini memiliki ketertarikan pada produk tertentu karena manfaat tertentu yang sama maka kita menyimpulkan bahwa ini adalah pasar yang homogen.

Kalau kita melihat dalam masyarakat yang terdiri dari banyak sekali orang, maka akan ada banyak kebutuhan, akan ada banyak gaya hidup, dan akan mencari banyak produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Bahkan ketertarikan pada produk yang sama mempunyai motivasi yang berbeda. Motivasi yang berbeda ini mengakibatkan mencari manfaat yang berbeda bahkan pada produk yang sama.

Dengan adanya berbagai motivasi orang dalam membeli produk dan berbagai macam manfaat yang dicari pada produk yang sama, maka kita perlu mengelompokkan berbagai kebutuhan ini. Setiap kelompok dimasukkan pada suatu segmen tertentu. Dalam satu segmen ini ada keseragaman motivasi dan manfaat yang dicari dan menghasilkan sebuah segmen yang homogen. Hasil dari segmenntasi adalah segmen-segmen yang masing-masing homogen.

Langkah berikutnya adalah menentukan produk atau variasi produk pada setiap segmen yang sudah homogen. Tentu saja produk yang dirancang adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen ini. Produk ini memenuhi kebutuhan segmen ini, produk ini memberikan manfaat sesuai dengan manfaat yang diharapkan pada segmen ini.

Dalam industri mobil kita melihat dengan jelas segmentasi pasar ini. Ada segmen pasar untuk mobil keluarga, ada segmen pasar untuk profesional, ada pasar untuk angkutan massal dan sebagainya.  Dalam menangani segmen keluarga kita harus melihat kisaran harga yang dijangkau oleh keluarga, tentu tidak boleh terlalu mahal.
Untuk segmen pasar profesional mungkin mobil mencerminkan identitas dan gaya hidup, di sini disain sangat penting dan harga boleh lebih mahal.
Untuk segmen angkutan massal tentu harus bisa mengangkut banyak orang.

Perusahaan harus jeli melihat pasar dalam memasarkan produk dan jasanya. Perusahaan harus dapat memilah-milah pasar sehingga menghasilkan segmen pasar yang homogen. Kita kemudian melayani segmen pasar yang homogen ini dengan produk dan jasa yang disesuaikan dengan karakteristik segmen ini.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »