Pada artikel sebelumnya kita telah membicarakan mengenai menentukan pasar untuk barang dan jasa kita. Pada artikel tersebut kita telah membahas pentingnya membagi pasar ke dalam segmen-segmen pasar yang homogen.

Selain itu dalam menentukan pasar untuk produk dan jasa kita, kita perlu mempertimbangkan

  1. Segmen pasar mana yang belum dilayani
    Di sini kita perlu melihat pasar secara luas. Kita perlu jeli untuk melihat mana calon pelanggan yang belum dilayani baik oleh produk kita maupun oleh produk pesaing. Kejelian melihat hal ini akan menciptakan pasar baru yang belum disentuh baik oleh perusahaan kita maupun oleh pesaing. Dan kalau berhasil masuk di pasar baru ini kita bayangkan keberhasilan yang dicapai karena tanpa ada pesaing.
     
  2. Apa saja keinginan dan manfaat yang diinginkan yang diinginkan oleh calon pelanggan kita
    Kita perlu memperhatikan segmentasi pasar berdasarkan manfaat yang ingin didapatkan dari masing-masing target pasar.  Kita mungkin perlu membuat segmentasi berdasarkan area, berdasarkan umur, berdasarkan tingkat kedudukan sosial dan sebagainya.
     
  3. Kita ingin masuk segmen mana di mana produk dan jasa kita mempunyai nilai tinggi bagi pelanggan
    Kita mungkin tidak bisa masuk ke semua segmen pelanggan. Perusahaan kita harus mempunyai tingkat kompetensi yang berbeda dengan pesaing. Kita perlu menganalisa masing-masing segmen dan merencanakan strategi yang tepat bagi tiap segmen. Dari analisa itu kita bisa melihat segmen mana yang kita mungkin bisa menang dalam persaingan dan segmen pasar mana yang kita pasti kalah.
    Segmen pasar yang kita pasti kalah tidak perlu dimasuki dan kita perlu masuk ke pasar yang tingkat kemenangannya tinggi.
     
  4. Menentukan bagaimana keunikan produk dan jasa kita dibandingkan pesaing
    Banyak produk masuk ke pasar. Banyak produk juga masuk ke segmen pasar. Calon pembeli memiliki banyak pilihan. Di sini perlunya suatu keunikan dari produk kita yang membedakan dengan produk-produk yang lain.  Keunikan inilah yang mendorong calon pelanggan memilih barang dan jasa kita

Setiap perusahaan harus memiliki strategi dalam manajemen pemasaran. Perusahaan yang baik akan menganalisa dan melaksanakan aktivitas pemasaran berdasarkan analisa yang telah dikerjakan. Dengan demikian aktivitas pemasaran adalah aktivitas yang telah dianalisa dengan baik dan nanti juga akan dievaluasi kembali. Dengan cara ini maka pemasaran akan lebih terarah dan tidak membabi buta.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »