Kita pasti mengetahui bahwa keuangan perusahaan adalah hal yang penting bagi perusahaan. Lebih detailnya adalah bahwa profit atau bottom line ini sangat penting bagi perusahaan. Karena menyadari bahwa bottom line adalah penting bagi perusahaan, kemudian kita bertanya apakah bottom line atau profit itu terjadi begitu saja ?

Ternyata profit atau bottom line itu tidak terjadi begitu saja. Secara matematika profit bisa terjadi jika harga penjualan lebih besar daripada harga modal untuk membuat barang tersebut.

Kemudian muncul lagi, seberapa besar profit yang harus dihasilkan untuk menutup semua biaya yang dikeluarkan perusahaan ? Tentu saja profit yang harus dihasilkan adalah profit yang dihasilkan minimum sebesar biaya operasional perusahaan.

Kemudian memunculkan lagi berapa barang yang harus dijual supaya target profit itu bisa terpenuhi ? Tentu saja dari sini kita dapat menentukan berapa banyak produk yang harus dijual supaya bisa menutup pengeluaran perusahaan.

Dari menentukan berapa produk yang harus dijual kemudian kita kemudian membuat strategi bagaimana menjual produk untuk mendapatkan keuntungan yang telah ditargetkan tersebut. Pada tahap ini kita akan mengalami persaingan di pasar, kemudian kita akan memikirkan mau masuk dengan harga murah atau masuk dengan harga premium dengan membuat differensiasi dengan produk yang ada.

Dari keputusan strategi yang dihasilkan kita mulai merancang produk yang sesuai target pasar. Di sini kita akan melibatkan engineer, marketing, customer, inovator, finance, hrd (human resources development) dan lain-lain. Di sini kita harus benar-benar mengerti target pasar, mengerti kebutuhan target pasar kita dan menentukan produk yang tepat bagi target pasar kita. Pengembangan produk yang terus-menerus melakukan inovasi menjadi kunci keberhasilan produk yang kita buat bisa masuk dan laku di jual di target pasar kita. Di sinilah diperlukan kerjasama yang baik antara marketing, production, finance, hrd dan seluruh jajaran top manajemen.

Di sini top manajemen perlu bekerjasama dalam melahirkan produk yang dirancang sesuai strategi. Dengan demikian top manajemen sangat berpengaruh terhadap profit perusahaan.  Dengan kata lain top line menentukan bottom line.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pentingnya top line untuk bottom line
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday