Dalam merancang class kita harus hati-hati menentukan apa saja yang boleh diubah oleh aplikasi kita dan apa yang tidak boleh diubah. Sebagai contoh jika ada variabel yang merupakan hasil perhitungan kita mungkin tidak menginginkan bisa diubah oleh aplikasi kita. Hal ini menyebabkan kita tidak boleh meletakkan semua variabel maupun function dalam deklarasi public.

Untuk membuat class kita lebih aman dari penyalahgunaan atau menghindari kesalahan programming, kita membuat interface atau antar muka dimana pemakai class kita  menggunakan class kita. Inilah yang disebut data abstraction dalam C++.

Untuk mencoba data abstraction ini kita akan mencoba dalam program C++ melalui tools dari Qt:

  1. Silahkan membuat Qt Console Appplication seperti dijelaskan dalam http://www.proweb.co.id/articles/mobile_development/cplus_qt.html .
  2. Edit main.cpp seperti berikut ini:
    #include <iostream>
    using namespace std; class Kendaraan { public: void setJumlahRoda(int roda) { this->roda=roda; } int getJumlahRoda() { return this->roda; } private: int roda; }; int main(void) { Kendaraan senia; senia.setJumlahRoda(4); cout << "Jumlah roda : " << senia.getJumlahRoda() << endl; return 0; }
  3. Jalankan Run dan hasilnya seperti gambar berikut ini:
  4. Pada contoh di atas kita tidak ingin variabel roda diset dan dibaca langsung oleh pemakai class kita. Kita ingin pemakai class kita menset dan mengakses variabel roda melalui function setJumlahRoda dan getJumlahRoda.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. http://www.tutorialspoint.com/cplusplus/cpp_data_abstraction.htm .
2. http://www.qt.io .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Data abstraction pada C++
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday