Konfigurasi utama aplikasi Apache Cordoba berada pada config.xml. File ini mengikuti standard Packaged Web App W3C yang ada di http://www.w3.org/TR/widgets/ .

Aplikasi Cordoba ini diimplementasikan sebagai halaman web yang defaulnya adalah index.html yang menggunakan CSS, Javascript, media, gambar atau resources lain yang diperlukan. Aplikasi ini bekerja dalam WebView di mana mengakses API ke device perangkat mobile.

Aplikasi Cordoba yang dijalankan di atas WebView menghubungkan seluruh aplikasi dengan user interface. Ini dapat dikerjakan seperti pada http://cordova.apache.org/docs/en/4.0.0/guide_hybrid_webviews_index.md.html#Embedding%20WebViews .

Suatu plugin tersedia supaya aplikasi Cordova dapat berbicara satu dengan yang lain dengan native application. Hal ini memungkinkan kita memanggil native application menggunakan Javascript. Secara ideal Javascript akan membuat tampilan seragam pada semua platform perangkat mobile.

Kita juga dapat membuat aplikasi tanpa memerlukan plugin.

Dua alur kerja untuk membuat aplikasi mobile adalah:

  1. Cross Platform (CLI) Workflow
    Dengan menggunakan alur kerja CLI ini maka kita akan membuat aplikasi lintas platform yang dapat berkerja pada berbagai perangkat mobile. Workflow ini berkerja pada Cordova utility atau yang dikenal dengan Cordova CLI. CLI adalah tool pada layer atas untuk membangun aplikasi berbagai platform sekali saja, kemudian akan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk masing-masing target platform. Informasi lebih lanjut mengenai CLI dapat dilihat di http://cordova.apache.org/docs/en/4.0.0/guide_overview_index.md.html#The%0ACommand-Line%20Interface .
  2. Platform Centered Workflow
    Alur kerja ini akan membangung suatu aplikasi dengan target platform tertentu

Untuk belajar awal sebaiknya kita menggunakan Cross Platform (CLI) Workflow.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi http://cordova.apache.org/docs/en/4.0.0/guide_overview_index.md.html#Overview .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Komponen dasar Apache Cordova
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday