Class QObject merupakan base class dari semua Qt Objects. QObject merupakan inti dari Object Model yang ada di Qt. Fitur utama adalah mekanisme yang canggih dalam komunikasi antar object yang disebut signals dan slots. Kita dapat menghubungkan signal dengan slot dengan function connect() dan mengakhiri hubungan dengan function disconnect(). Untuk mencegah looping kita dapat memblok signal sementara dengan function blockSignals(). Untuk melakukan tracking koneksi ini dapat dilakukan pada function connectNotify() dan disconnectNotify().

QObject menempatkankan object-objectnya dalam object tree. Ada object yang menjadi parent dan ada object yang menjadi children. Function findChild dan findChildren dapat digunakan untuk mencari object-object yang menjadi anak-anaknya.

QObject juga menerima event dan melakukan filtering. Function-function yang terkait adalah installEventFilter(), eventFilter(), dan childFilter().

QObject juga mendukung timer yang diimplementasikan pada QTimer.

Q_OBJECT macro harus diimplementasikan di semua object yang mengimplementasikan signal, slot dan property. Kita juga perlu menjalankan Meta Object Compiler pada source file.

Semua Qt widgets merupakan turunan QObject. Function isWidgetType() akan memberikan informasi apakah object merupakan widget atau tidak.

Informasi lebih lanjut mengenai QObject dapat dibaca di http://doc.qt.io/qt-5/qobject.html#details .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »