Pada artikel sebelumnya kita telah membahas QMS yaitu Quality Management System. ISO yaitu suatu badan standarisasi internasional menuangkan standarisasi Qualilty Management System dalam ISO 9000.

ISO 9000 ini merupakan standarisasi aspek-aspek  dalam manajemen kualitas. ISO 9000 ini berisi  ISO-ISO yang merupakan standard-standard terbaik yang sudah dikenal oleh umum. ISO 9000 memberikan arahan dan juga perangkat-perangkat untuk perusahaan yang menginginkan produk dan layanannya secara terus-menerus dan konsisten memenuhi harapan pelanggan. ISO ini juga mengisyaratkan peningkatan kualitas secara terus-menerus.

Tujuh prinsip manajemen kualitas dalam ISO adalah

  1. Customer fcous
  2. Leadership
  3. Engagement of people
  4. Process approach
  5. Improvement
  6. Evidens-based decision making
  7. Relationship management

Yang termasuk dalam ISO 9000 antara lain:

  1. ISO 9001:2015
    ISO 9001:2015 membahas persyaratan dari quality management system.
      
  2. ISO 9000:2015
    ISO 9000:2015 membahas konsep dasar dan bahasa.
     
  3. ISO 9004:2009
    ISO 9004:2009 membahas bagaimana membuat sistem manajemen mutu lebih efektif dan efisien.
     
  4. ISO 19011:2011
    ISO 19011:2011 membahas audit internal dan eksternal dari quality management system.

Perusahaan yang menerapkan ISO untuk meningkatkan kualitas semakin hari semakin banyak. Salah satu pemicunya adalah beberapa perusahaan besar memberikan syarat hanya bisa bekerja sama dengan vendor yang memiliki standar ISO. Dengan cara ini vendor mau tidak mau menerapkan ISO supaya tidak kehilangan bisnis. Kejadian ini beruntur kepada vendornya vendor atau suppliernya supplier sehingga makin banyak perusahaan yang menerapkan ISO.

Informasi lebih lanjut mengenai ISO 9000 silahkan mengunjungi:
1. http://www.iso.org/iso/iso_9000 .
2. http://www.iso.org/iso/pub100080.pdf .
3. https://en.wikipedia.org/wiki/ISO_9000 .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.