ISO 9001 merupakan bagian dari standar ISO 9000 yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Perkembangan trend bisnis dan ekonomi menyebabkan ISO 9001 terus diperbarui. Versi ISO 9001 pada saat artikel ini dibuat adalah adalah 9001:2015.

Penerapan ISO 9001 akan membuat perusahaan memiliki sistem kualitas yang memberikan dasar untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik, karyawan yang bermotivasi tinggi dan peningkatan kinerja secara terus-menerus. Dengan penerapan ISO 9001 maka perusahaan akan menerapkan Quality Management System.

Penerapan proses bisnis yang efektif dan efisien juga merupakan salah satu tujuan penerapan ISO 9001. Perusahaan juga akan lebih fokus pada core bisnisnya dan mempunyai standar kualitas bagi seluruh karyawan perusahaan terutama yang berhubungan dengan pelanggan. Karyawan yang berhubungan dengan pelanggan inilah yang akan banyak menentukan kepuasan pelanggan selain juga kualitas barang dan jasanya.

Dalam lingkungan sumber daya manusia, top managemen juga senang karena mempunyai proses manajemen yang efisien. Dari sisi karyawan juga menambah motivasi kerja karena ditekankan pentingnya pekerjaaan yang berkualitas dalam memberikan kontribusi bagi perusahaan dan pelanggan.

Dalam hal komunikasi, seluruh karyawan terutama top manajemen akan belajar bagaimana berkomunikasi secara positif. Tentu saja positif dengan prinsip kehati-hatian. Sikap positif sangat baik dalam kita bersikap dalam hidup, kecuali terhadap hal-hal yang jelas-jelas negatif kita harus waspada.

Seluruh karyawan dan departemen juga didorong untuk memikirkan bagaimana melakukan penghematan. Tentu saja penghematan ini tidak boleh mengurangi produktivitas. Penghematan juga harus benar-benar dihitung supaya tidak ada hal lain yang lebih besar dikorbankan.

Kualitas juga akan dievaluasi secara terus-menerus. Tentu saja setelah dievaluasi harus dilanjutkan dengan langkah-langkah peningkatan kualitas.

Jika perusahaan kualitas terus naik, karyawan terus produktif, dan biaya bisa dikurangi maka perusahaan akan semakin berani dalam menjalani persaingan bisnis. Kualitas yang baik ini akan menjadi modal bagi pemasaran untuk melakukan aktivitas pemasaran lebih baik lagi. Aktivitas pemasaran yang lebih baik ini juga diharapkan meningkatkan penjualan, meningkatkan keuntungan dan membuat sejahtera seluruh karyawan.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. http://www.iso9001.com/benefitsofiso9001.asp .
2. http://www.iso.org/iso/home/standards/management-standards/iso_9000/iso9001_revision.htm .
3. http://isotc.iso.org/livelink/livelink/open/tc176SC2public .
4. http://www.iso.org/iso/ps-pub100313.pdf .
5. https://en.wikipedia.org/wiki/ISO_9000#Contents_of_ISO_9001 .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

« | »