Fungsi dari manajemen operasi adalah mengkoordinasikan kerja dari berbagai departmen-departemen. Departmen yang dikoordinasikan oleh operations managemen adalah Pembelian, Penjualan, Keuangan/Akuntansi dan SDM (Sumber Daya Manusia).

Kita dapat melihat lebih jelas melalui gambar berikut ini:

    Keuangan/Akuntansi    
    |    
Pembelian Manajemen Operasi Pemasaran dan Penjualan
    |    
    SDM    

Sebagai contoh kebutuhan dari departemen pemasaran dan penjualan kemudian dianalisa dan disampaikan ke bagian pembelian untuk pembelian bahan baku. Kedatangan bahan baku diberitahukan ke bagian keuangan untuk dilakukan pembayaran. Kebutuhan tenaga sales diberitahukan kepada bagian SDM(Sumber Daya Manusia).

Contoh lain adalah terjadi penjualan pada bagian penjualan, kemudian bagian gudang dan delivery  melakukan pengiriman barang. Setelah barang sampai kepada pelanggan maka kemudian bagian operasi meminta bagian keuangan untuk melakukan penagihan.

Tentu saja proses-proses di atas bisa dilakukan otomatisasi dengan menggunakan aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning).

Bagian manajemen operasi ini bertanggung jawab mengenai kualitas produk, mengendalikan kualitas produk, melakukan analisa kinerja bagian produksi, melakukan improvisasi proses bisnis, menjaga inventori dan merencanakan proses produksi. Manajer departemen operasi berhubungan dengan orang/karyawan, teknologi dan deadlines.

Dalam melakukan perancangan produk, operation management harus memperhatikan bagaimana supaya efisien saat diproduksi secara masal. Efisien di sini berrati efisien secara waktu dan juga biaya. Produk juga harus dirancang sedapat mungkin mudah bagi pengguna dalam menggunakannya. Kemudahan mencakup part yang sesedikit mungkin dan penyusunan yang semudah mungkin.

Delam merancang layanan, operations management harus merancang layanan yang nyaman untuk pelanggan-pelanggan. Jika pada produk barang bagian belakang atau backend menentukan kualitas produk, maka dalam bidang jasa bagian frontend atau bagian depan yang berhadapan langsung dengan pelanggan yang akan menentukan kualitas layanannya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Operations Function
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday