Articles

Peran karyawan dalam penyempurnaan mutu

Pelatihan karyawan dan pengembangan karyawan merupakan sarana penting dalam penyempurnaan kualitas atau peningkatan mutu. Karyawan terlatih akan membuat karyawan menguasai proses produksi dan menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas tinggi. Peningkatan pengetahuan kepada karyawan dalam hal statistik pengendalian mutu juga sangat membantu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan.

Pada industri hotel ada karyawan yang diberikan pelatihan ratusan jam dalam melayani pelanggan menggunakan fasilitas hotel. Kadang jika ada ketidakpuasan pelanggan atas layanan akomodasi yang diberikan hotel, pihak manajemen bisa meminta maaf dan memberikan hadiah kepada pelanggan yang dikecewakan dan berjanji akan melayani pelanggan lebih baik lagi.

Secara pisikologis, karyawan yang diberikan tambahan pelatihan akan menjalankan tanggung jawabnya lebih baik dari sebelumnya. Karyawan yang sudah diberi banyak pelatihan tersebut juga cenderung aktif dalam pemecahan masalah yang timbul dalam lingkungan kerjanya. Karyawan yang berperan dalam pemecahan masalah cenderung meningkatkan kepuasan kerja dan semakin produktif dalam melakukan pekerjaannya. Karyawan yang berperan serta dalam pemecahan masalah dalam rangka peningkatan kualitas disebut sebagai participative problem solving.

Dalam participative problem solving ini, karyawan akan mengidentifikasi masalah kemudian memecahkan masalah dan jika hal ini dilakukan seluruh karyawan maka peningkatan mutu akan lebih mungkin bisa dicapai oleh perusahaan.  Ikut serta dalam aktivitas pemecahan msalah ini juga disebut employee involvement program.

Ada perkataan perusahaan tidak mungkin membuat pelanggan perusahaan senang jika karyawan perusahaan juga tidak senang. Atau juga bisa dikatakan pelanggan perusahaan bisa puas jika karyawan perusahaan juga puas. Perlu berbagai cara untuk pekerja puas dalam melakukan pekerjaannya. Bagian HRM (Human Resources Management) harus membuat langkah-langkah supaya karyawan-karyawan yang produktif dalam perusahaan tersebut puas dalam pekerjaannya sehingga pelanggan juga puas, peningkatan pendatapan perusahaan meningkat, karyawan semakin betah bekerja dan pemilik bisnis juga senang dengan bisnis yang berjalan lancar dan bertumbuh.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Operations Management Articles:
Pengembangan kualitas kaizen
Peran karyawan dalam penyempurnaan mutu
Mengukur kepuasan pelanggan
Alat bantu manajemen mutu
Manajemen mutu dalam rantai pasokan
Pentingnya kepuasan pelanggan
Mengenal ISO 9001
Mengenal ISO 9000
Pengertian TQM (Total Quality Management)
Pengertian QMS (Quality Management System)
Pengertian kualitas secara menyeluruh