Setelah top management membuat strategi perusahaan, maka harus ada langkah-langkah lebih lanjut supaya strategi tersebut dapat diterapkan. Perlu adanya strategy deployment atau penyebaran strategi ke semua lini perusahaan. Salah satu strategi untuk penyebaran strategi perusahaan adalah dengan menerapkan policy develepment atau penyebaran kebijaksan. Policy deployment atau penyebaran kebijakan ini diadaptasi dari system Jepang hoshin kanri.

Sebagai contoh perusahaan membuat strategi bahwa semua proses bisnis akan dipercepat 40%. Dari strategi perusahaan ini, strategi disebarkan ke seluruh perusahaan dengan penyebaran kebijakan.

Bagian pembelian akan mengambil bagian dari penyebaran kebijakan ini. Bagian pembelian dapat meminta supplier untuk mengirimkan barang lebih cepat dibanding sebelumnya, atau bagian pembelian dapat memilih supplier-supplier yang saat ini cepat dalam pengiriman barangnya tentu dengan harga yang wajar.

Bagian produksi dapat membuat jadwal yang lebih padat daripada biasanya untuk menghasilkan barang-barang yang lebih cepat. Tentu saja jadwal tersebut masih dalam kapasitas yang diperbolehkan pada spesifikasi mesin produksi.

Bagian keuangan dapat mempercepat proses approval. Bagian keuangan akan mempercepat proses penagihan. Bagian keuangan mungkin dapat memberikan layanan tambahan gratis untuk pelanggan yang membayar lebih cepat sehingga kas bisa didapatkan lebih cepat. Bagian keuangan juga mengimplementasikan EFT (Electronic Fund Transfer) supaya penerimaan dan pembayaran tagihan dapat dilakukan lebih cepat tanpa antri.

Bagian gudang akan mempercepat proses pengecekan barang datang maupun barang yang siap dijual. Tentu saja percepatan ini tidak boleh mengurangi kualitas dari barang-barang yang dicek kualitasnya.

Bagian pemasaran akan mempercepat proses launching produk baru. Bagian pemasaran juga bekerjasama dengan jalur-jalur distribusi untuk mempercepat penjualan. Bagian pemasaran dapat melakukan langkah-langkah pemasaran agar calon pelanggan cepat melihat produk-produknya dan menstimulasi calon pelanggan agar segera membeli produk-produknya.

Proses penyebaran kebijaksanaan ini berjalan secara cascade atau dalam bahasa Jepangnya hoshins dalam mencapai implementasi strategi perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Penyebaran kebijakan dalam implementasi strategi perusahaan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday