Pada kenyataannya perusahaan tidak dapat melayani semua orang. Pada strategic positioning perusahaan harus memilih area atau segmen tertentu di mana perusahaan akan masuk dan berjuang habis-habisan untuk menjadi yang terbaik pada area ada segmen tersebut. Perusahaan tentu memiliki kelebihan dan kelemahan dibanding perusahaan lain. Perusahaan harus melihat keunikan perusahaannya dan membuat strategi bagaimana berkompetisi di pasar dan memberikan nilai yang unik bagi pelanggan-pelanggannya. 

Strategi yang efektif dalam menentukan posisi perusahaan dalam persaingan adalah:
a. kelebihan dan kelemahan perusahaan
b. kebutuhan pasar
c. posisi yang telah diambil oleh pesaing-pesaing kita.

Berikut beberapa pilihan perusahaan yang dapat diambil perusahaan dalam masuk ke dalam persaingan

  1. Bersaing dalam harga
    Bersaing dalam harga berarti perusahaan harus membuat operasional seefisien mungkin. Perusahaan harus mendapat bahan baku semurah mungkin, biaya produksi semurah mungkin dan biaya pemasaran semurah mungkin supaya dapat menjual produk semurah mungkin dan memenangkan persaingan.
    Penggunaan teknologi informasi dan perhitungan biaya yang akurat sangat menentukan keberhasilan dalam bersaing pada harga.
       
  2. Bersaing dalam kecepatan
    Perusahaan pengiriman banyak masuk dalam area ini. Mereka berlomba-lomba mengrimkan barang secepat mungkin.
    Restoran juga memberikan layanan antar untuk menjual makanannya, di sini restoran juga masuk area bersaing di kecepatan.
      
  3. Bersaing dalam kualitas
    Bersaing dalam kualitas berarti membuat barang dengan kualitas tinggi. Kualitas tinggi ini tentu membutuhkan biaya tinggi dan harga jual yang lebih tinggi dibanding produk murah. Banyak industri otomotif mengembangkan mobil berkualitas tinggi dan aman untuk dapat menjual dengan harga tinggi.
    Banyak hotel yang memberikan kualitas layanan yang sangat baik dan membuat branding dalam memberikan image pada masyarakat bahwa dengan mengingat brand tersebut berarti kualitas yang bagus.
      
  4. Bersaing dalam fleksibilitas
    Ada industri yang pelanggan dapat merancang disain produknya dan kemudian perusahaan mengerjakan disain yang dibuat pelanggan. Di sini perusahaan bersaing dengan memberikan fleksibilitasnya kepada pelanggan-pelanggannya.
      
  5. Bersaing dalam inovasi
    Ada beberapa perusahaan yang terus membuat inovasi produk baru. Mereka memberi keleluasaan kepada pegawainya untuk merancang produk baru. Tentu saja produk baru tersebut berguna bagi perusahaan jika laku di pasaran

Perusahaan yang sehat akan benar-benar membuat strategi di pasar mana dia akan bersaing, dan akan bersaing dalam hal apa. Bersaing dalam semua hal berarti tidak menyiapkan diri untuk bersaing di mana. Perusahaan yang bijaksana harus benar-benar menentukan di area mana dia akan berjuang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Posisi perusahaan dalam persaingan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday