Dalam menjalankan profesi sebagai seorang sales, kita akan mengelola data lead, prospek dan pelanggan. Data lead, prospek dan pelanggan akan bertambah hari demi hari. Untuk membuka peluang penjualan kita akan melakukan follow up setiap lead, prospek dan pelanggan. Data follow up ini makin hari juga akan makin banyak. Dengan bertambahknya informasi yang akan kita kendalikan, tidak mungkin kita mengingat satu persatu. Untuk itu kita perlu menggunakan aplikasi prospecting.

Aplikasi prospecting yang kita gunakan harus mempunyai kemampuan

  1. Menambah data lead, prospek dan pelanggan
    Kita harus dapat menambah data lead, prospek, dan pelanggan.
    kemampuan lain yang harus dipunyai adalah mengubak status lead menjadi prospek, dan prospek menjadi pelanggan.
    Aplikasi kita harus dapat menympan profile setiap lead, prospect dan pelanggan dengan baik.
  2. Contact Management
    Setiap lead, prospek dan pelanggan ada kontak personnya. Aplikasi prospecting harus dapat menyimpan data-data contact ini, atau lebih dikenal dengan contact management. Lebih baik lagi kalau kita bisa mengenal lebih dekat setiap contact misalnya hobi dan keluarganya. Aplikasi prospecting yang kita pakai harus bisa membuat profile untuk setiap contact management.
  3. Menyimpan aktivitas prospecting
    Untuk mengetahui kemungkinan penjualan, kita perlu melakukan komunikasi dengan lead, prospek dan pelanggan kita. Hasil komunikasi ini perlu kita catat dalam aplikasi prospecting ini.
  4. Membuat perencanaan aktivitas
    Kita perlu membuat perencanaan dalam aktivitas prospecting. Ini menyangkut kenyamanan prospect dan kenyamanan kita sebagaai seorang sales. Pastikan prospect merasa nyaman pada suatu rentang waktu follow up. Sebagai sales pastikan kita dapat memberikan waktu terbaik dalam memberikan follow up
  5. Laporan
    Dalam aplikasi prospecting perlu bisa membuat laporan
    a. analisa aktivitas prospecting
    b. analisa konversi lead ke prospek, prospek ke pelanggan
  6. Tools-tools untuk presentasi
    Aplikasi prospecting kita perlu dilengkapi dengan tools-tools yang dipakai untuk presentasi. Tools-tools ini dapat berupa Powerpoint, Video, Chart perbandingan produk dan lain-lain.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Aplikasi prospecting
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday