Dalam memberikan presentasi kepada calon pembeli, kita harus menyusun materi-materi presentasi hingga membentuk pola pikir membeli dalam belak calon pembeli.

Tahapan-tahapan persepsi yang harus kita perjuangkan untuk terbenam di benak calon pembeli adalah

  1. Attention
    Pada tahap attention ini kita harus bisa menarik perhatian supaya mau mendengarkan presentasi kita. Jika kita memiliki alat peraga atau contoh produk maka akan lebih memudahkan menarik perhatian.
  2. Interest
    Setelah mendapatkan perhatian atau attention dari calon pembeli, kita harus menyajikan informasi-informasi  yang mungkin menarik bagi calon pembeli kita. Untuk dapat menyajikan informasi-informasi yang menarik bagi calon pembeli, kita perlu menggali kebutuhan dari calon pembeli. Jika kita belum mengetahui motivasi pembelian pada produk dan jasa kita, kita perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali kebutuhan dari calon pembeli.
  3. Desire
    Dengan menyuguhkan FAB atau Feature, Advantages dan Benefit kita berusaha menanamkan pada calon pembeli suatu kebutuhan untuk membeli produk atau jasa kita. Jika kita dapat menemukan manfaat yang paling dibutuhkan calon pembeli maka ini merupakan langkah yang baik dalam menggoalkan penjualan kita. Tentu saja kita harus memiliki motivasi yang kuat juga untuk membantu calon pembeli kita.

    Kita dapat menjual (SELL) dengan FAB yaitu dengan
    Show feature kemudian
    Explain Advantage, kemudian
    Lead into benefit dan biarkan
    Let customer talk

  4. Conviction
    Setelah calon pembeli memiliki kebutuhan untuk menggunakan produk atau jasa kita, kita harus meyakinkan bahwa produk kitalah yang terbaik dan melalui kita jugalah produk itu terbaik dapat ia dapatkan. Pada tahap ini kita berusaha mendapat kepercayaan dari calon pembeli. Tentu saja kita harus jujur dan tulus dalam mengembangkan dan menerima kepercayaan dari calon pembeli. Sebagai penghargaan dari kepercayaan yang diberikan, kita harus melayani pembeli ini dengan baik
  5. Action
    Setelah calon pembeli diyakinkan untuk membeli produk atau jasa melalui kita, maka kita menyiapkan langkah-langkah agar calon membeli melakukan Action untuk membeli.

Membentuk pola pikir dalam benak calon pelanggan atau calon pembeli daat memberikan presentasi mempengaruhi berhasil atau tidak melakukan penjualan. Tentu saja untuk bisa menanamkan persepsi-persepsi di atas kita harus mempelajari profil calon pembeli dan membuat presentasi yang sesuai. Di sinilah kita harus merencanakan dengan baik setiap interaksi dengan calon pelanggan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membentuk persepsi calon pembeli
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday