Dalam menyajikan presentasi kepada prospek, ada beberapa tipe prospek yang kita harus tahu dan juga metode presentasi yang tepat. Metode presentasi kepada prospek dibagi menjadi:

  1. Memorized presentation
    Metode ini cocok untuk prospek yang butuh bimbingan dalam mengenal produk kita. Kita bisa seakan-akan menjadi guru. Kita akan lebih banyak menjelaskan dan prospek akan lebih banyak mendengar dan memperhatikan. Isi presentasi sudah kita buat dengan sangat terstruktur. Presentasi dengan menghafal ini cocok untuk produk yang sederhana. Total waktu yang digunakan mungkin beberapa menit saja.
  2. Formula presentation
    Ada beberapa  kelompok prospek yang kita identifikasi. Tiap kelompok kita membuat presentasi yang berbeda. Isi presentasi bersifat semu terstruktur. Pada presentasi ini, pada awal-awal peran prospek lebih banyak dibanding memorized presentation. Total waktu yang digunakan mungkin setengah sampai dengan satu jam.
  3. Need satisfation presentation
    Pada presentasi ini lebih banyak penggalian kebutuhan. Banyak pertanyaan yang kita ajukan untuk dijawab prospek. Isi presentasi tidak terstruktur. Untuk benar-benar mengetahui mungkin perlu waktu berhari-hari.
  4. Problem-solution presentation
    Pada problem solution presentation ini kita akan mendengar banyak dari prospek kemudian berdiskusi kemungkinan penyelesaian masalah. Pada presentasi problem solution ini akan bersifat customized.
    Pada awal presentasi, prospek akan lebih banyak berbicara. Pada waktu berikutnya team sales akan lebih banyak berbicara untuk memberikan solution. Problem solution presentation ini cocok untuk produk-produk yang kompleks misalnya software aplikasi.
    Waktu presentasi bisa menghasilkan berhari-hari.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Empat metode presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday