Seorang manajer yang baik akan menjalankan etika yang baik. Etika yang baik ini berdasar pada Golden Rule
‘apa yang kita ingin orang lain lakukan kepada kita, kita lakukan kepada orang lain’. Tentunya jika kita ingin diperlakukan dengan baik, perlakukan orang lain dengan baik juga.

Beberapa pertimbangan etika sebagai seorang sales manajer

  1. Tekanan pemenuhan target
    Sales manager akan memberikan target kepada team salesnya. Sales manager yang baik akan membuat target yang mungkin dicapai jika teamnya bekerja sungguh-sungguh.

    Sales manager tidak boleh memberikan target yang tidak mungkin dicapai karena akan melemahkan semangat team salesnya.

    Sales manager juga tidak boleh memberikan target terlalu rendah karena akan memanjakan sales dan menyebabkan pendapatan
    perusahaan kurang. Kalau pendapatan perusahaan kurang, maka kesejahteraan karyawan kurang dan mengurangi produktivitas karyawan yang lain.

  2. Kebijaksanaan komisi
    Perusahaan perlu mempertimbangkan mau memberikan komisi terus-menerus ataukan besar saat akuisisi client. Kalau komisi diberikan sepanjang transaksi maka akan membebani perusahaan. Biasanya komisi awal yang besar lebih baik karena tidak membebani keuangan perusahaan terus-menerus. Komisi yang besar mungkin diperlukan karena sales tersebut telah bertahun-tahun berjuang untuk mendapatkan suatu client yang besar. Atau bisa juga diatur bahwa sales akan mendapat komisi selama 2 tahun pertama untuk setiap customer.

    Setelah customer diserahkan sales kepada perusahaan, maka perusahaan perlu membuat team untuk mempertahankan hubungan dengan customer ini. Dari sini perlu departemen layanan purna jual supaya terjadi repeat order dari pelanggan tersebut

  3. Team yang kinerjanya kurang
    Team yang kinerjanya kurang harus dibina secara baik. Jika hasilnya kurang, sebaiknya dialihkan ke pekerjaan lain ataupun perusahaan lain yang membutuhkan. Kadang-kadang ada team sales yang kurang baik membebani perusahaan, tetapi di sisi lain kita juga perlu menjaga namai baik team sales tersebut.  Jadi sales manager juga perlu memikirkan jalan keluar yang baik bagi perusahaan maupun kepada karyawan tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Etika yang baik seorang sales manager
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday