Setelah kita melakukan aktivitas prospecting, langkah berikutnya adalah mendapatkan janji untuk melakukan presentasi. Untuk janji presentasi yang pertama ini kita sebut dengan sales interview. Disebut sales interview karena kita sebagai sales akan melakukan tugas semacam interview untuk memberikan layanan yang terbaik bagi calon pelanggan kita.

Calon pelanggan mempunyai kesibukan sendiri dalam mengerjakan aktivitas pekerjaanya. Ada saat calon pelanggan sibuk sekali dan tidak mau diganggu, ada saatnya dia agak rileks dalam bekerja. Sebagai seorang sales, kita harus mencari waktu yang tepat di mana calon pelanggan kita mudah dan senang melihat kita datang dan mempresentasikan produk dan jasa layanan kita. Itulah sebabnya kita harus membuat perjanjian dengan calon pelanggan kapan waktu yang tepat kita dalam melakukan presentasi.

Membuat janji pertemuan dengan  calon pembeli akan menghindarkan waktu kita menunggu terlalu lama di calon pembeli. Jika kita datang tanpa janji, maka calon pembeli tidak mempersiapkan waktu dan akibatnya kita akan menunggu waktu hingga dia siap menerima kita. Berbeda jika kita sudah melakukan janji terlebih dahulu, maka calon pembeli akan mempersiapkan waktu dengan tepat dan kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

Kadang kita akan melakukan presentasi dengan direktur atau manajer. Direktur atau manajer ini tentu mempunyai kesibukan yang cukup padat. Dalam hal ini kita harus bisa melakukan pendekatan kepada sekretaris atau recepsionist. Pendekatan ini berarti menjalin pertemanan yang baik dan juga mencari waktu yang tepat kapan atasannya bisa mendengar presentasi kita. Pendekatan ini tidak terbatas kepada receptionist maupun sekretarisnya tetapi juga terhadap orang-orang yang akan kita temui di sana. Di sinilah diperlukan interpersonal skill yang baik.

Tentunya kita harus menyiapkan dengan baik isi presentasi kita. Kita harus mempelajari profil dari pelanggan yang akan kita kunjungi, mempelajari kemungkinan solusi yang tepat kemudian membuat presentasi yang tepat. Pastikan juga kita melakukan presentasi ke orang yang tepat.

Pada saat presentasi kita perlu membuat catatan tentang presentasi kita. Catat dengan baik-baik kontak person dari perusahaan tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mendapatkan janji presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday