Dalam rangka meningkatkan penjualan, perusahaan akan melakukan kegiatan periklanan sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Jenis-jenis iklan yang biasa dilakukan adalah

  1. Iklan nasional
    Iklan ditujukan untuk menjangkau pasar secara nasional. Iklan dilakukan serentak menggunakan media televisi, surat kabar nasional maupun surat kabar daerah. Iklan skala nasional ini biasa dilakukan leh vendor-vendor besar.
  2. Iklan retail
    Iklan ini dilakukan oleh retail supaya terjadi banyak pembelian oleh konsumen secara langsung. Konsep iklan mungkin disediakan oleh pemasok, dan biaya mungkin ditanggung bersama antara pemasok dan pihak retail. Iklan bersifat regional berada dalam suatu area tertentu.
  3. Iklan dalam kerjasama
    Iklan ini merupakan kerjasama misalnya antara notebook dengan processor. Dapat juga antara produsen notebook dengan sistem operasi. Biaya tentu ditanggung secara bersama-sama. Tujuan iklan bersama ini tentu saja untuk bersama-sama melakukan promosi untuk meningkatkan awareness dan meningkatkan volume penjualan.
  4. Iklan industri
    Iklan ditujukan untuk industri, misal melakukan tukar tambah barang industri. Termasuk juga adalah meminjamkan produk supaya bisa diuji coba, atau lebih dikenal dengan barang demo.
  5. Iklan dengan direct-mail
    Pada iklan ini, informasi dikirimkan ke rumah pelanggan. Pelanggan akan mendapat tawaran tertentu dari iklan yang diterima. Kadang-kadang minimarket melakukan hal ini dengan memberikan brosur ke rumah-rumah penduduk terutama di lingkungan perumahan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jenis-jenis iklan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday