Dalam melakukan pembelian, ada tiga macam klasifikasi situasi pembelian berdasarkan tingkat keterlibatan pelanggan. Ketiga tingkat klasifikasi pembelian itu adalah:
1. Pembelian rutin
2. Pembelian dengan keterlibatan pembeli menengah
3. Pembelian dengan keterlibatan pembeli tinggi

Berikut akan dijelaskan ketiga tingkatan klasifikasi pembelian tersebut:

  1. Pembelian Rutin
    Pada tingkatan ini pembeli sudah memiliki pilihan untuk barang-barang yang dibeli, dan jika sedikit salah tidak memberikan dampak yang berarti. Contoh pembelian rutin adalah pembelian terkait kebutuhan rumah tangga. Para ibu tentu sudah punya pilihan pasti dalam membeli sabun, shampo, gula, beras dan seterusnya. Para ibu akan dengan cepat memutuskan membeli secara rutin barang-barang ini.

    Harga masing-masing barang dalam pembelian rutin biasanya tidak besar.

  2. Pembelian dengan keterlibatan pembeli menengah
    Contoh pembelian dengan keterlibatan menengah adalah membeli printer. Pembeli akan mencari data berbagai merek kemudian membandingkan spesifikasinya, harganya dan dalam beberapa hari akan membeli.

    Harga dalam pembelian dengan keterlibatan pembeli menengah ini biasanya agak besar.

  3. Pembelian dengan keterlibatan pembeli tinggi.
    Contoh pembelian dengan keterlibatan pembeli tinggi adalah pembelian rumah. Pembelian rumah ini akan berdampak lama dalam kehidupan setiap orang. Untuk membeli rumah, calon pembeli akan mengunjungi berbagai pameran, mencoba ke lokasi, survey alat transportasi, fasilitas umum, fasilitas pendidikan untuk anaknya dan seterusnya.

    Membandingkan satu lokasi dengan lokasi yang lain ini akan memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Oleh karena pembelian dengan keterlibatan pembeli yang tinggi tidak bisa dilakukan dengan cepat.

    Harga dalam pembelian dengan keterlibatan pembeli tinggi ini biasanya sangat besar.

Sales harus tahu klasifikasi pembelian yang mana yang akan dilayani. Dari pengetahuan ini dia akan mempersiapkan waktu dan tentu saja kesabaran hingga terjadi penjualan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Klasifikasi situasi pembelian
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday