Tujuan bisnis adalah meningkatkan kualitas hidup umat manusia. Dengan membuat barang dan jasa, bisnis mempunyai peluang meningkatkan kualitas kehidupan. Setelah membuat produk dan jasa, perusahaan harus menjual barang dan jasa ini ke pelanggan yang membutuhkan. Untuk membuat bisnis terus berjalan, penjualan harus lebih besar dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Selisih penjualan dengan seluruh biaya inilah yang disebut. Secara singkat pula, perusahaan bisa terus bertahan dan berkembang jika menghasilkan profit setiap bulannya.

Departemen pemasaran akan membuat serangkaian program agar informasi mengenai barang dan jasa dari perusahaan diketahui oleh perusahaan atau perorangan  yang mempunyai kemungkinan membeli. Aktivitas ini mungkin membuat iklan, melakukan konferensi pers, melakukan telemarketing dan seterusnya.

Dari serangkaian kegiatan yang dilakukan pemasaran, team saleslah yang bisa menghasilkan pendapatan. Team sales akan melakukan aktivitas prospecting hingga menghasilkan penjualan bagi perusahaan. Dari sinilah peran sales penting bagi perusahaan supaya perusahaan mendapatkan pendapatan, pendapatan ini kemudian dikelola perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasa lagi.

Di sisi lain, sales adalah team yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Secara tidak langsung, team sales akan mewakili citra perusahaan. Kepedulian team sales terhadap kebutuhan pelanggan menentukan sikap pelanggan terhadap perusahaan. Team sales ini juga yang akan membantu layanan purna jual yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Dari sini team sales mempunyai peranan terhadap kualitas layanan dan memperngaruhi kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang wajib diperhatikan perusahaan. Pelanggan yang puas akan membeli lagi dan akan mereferensikan perusahaan lain untuk menggunakan jasa kita. Dengan cara ini maka pelanggan kita akan semakin bertambah.

Dari sini kita menyimpulkan bahwa team sales sangat penting bagi perusahaan karena

  1. Mendatangkan penghasilan bagi perusahaan
  2. Berperan dalam tingkat kepuasan pelanggan

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Peranan sales dalam penjualan dan kualitas layanan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday